Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kaltim Dr HM Aswin
Kabar Ibu Kota

Indeks Pembangunan Manusia Kaltim Lampaui Nasional

  • Indeks Pembangunan Manusia Kaltim Lampaui Nasional

Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

IBUKOTAKINI.COM – Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pada tiga Kota di Provinsi Kalimantan Timur tercatat tertinggi. Yaitu Samarinda 80,11, disusul Bontang 80,02 dan Balikpapan 80,01. Angka itu IPM tertinggi di atas rata-rata Provinsi. Adapun target IPM secara nasional tahun 2020 ditetapkan sebesar 71,94, namun tujuh daerah di Kalimantan Timur mampu melampaui target nasional.

“Empat daerah lainnya berada dibawah rata-rata provinsi namun diatas rata-rata nasional, Kabupaten Berau 74,71 disusul Kutai Kartanegara 73,59, Kutai Timur 73 dan Kabupaten Paser 72,04,” terang Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kaltim Dr HM Aswin, baru-baru ini.

sedangkan tiga daerah lainnya masih berada di bawah rata-rata. Di antaranya Kabupaten Penajam Paser Utara 71,41 dan Kutai Barat 71,19 serta Mahakam Ulu 67,09.Namun demikian, jelas Aswin secara kumulatif IPM untuk Kaltim masih tinghi bahkan melampaui target daerah dan nasional, yakni 76,24 dari target 75,43.

Peringkat IPM di Benua Etam secara nasional tidak terlepas dari kondisi dan dampak pandemi Covid-19 yang ikut mempengaruhinya. "IPM turun 0,37 poin. Tetapi sesungguhnya naik (komponen IPM), diantaranya umur harapan hidup (IHH) dari Dinas Kesehatan naik 0,15 persen," ujarnya.

Selain itu, kegiatan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk harapan lama sekolah (HLS) tumbuh 0,22 persen dan rata-rata lama sekolah (RLS) naik 0,72 persen. 
"Penurunan angka IPM kita, disebabkan penurunan pada dimensi standar hidup layak, atau pengeluaran per kapita pertahun yang disesuaikan turun 5,11 persen," tutup Aswin.