Ekonomi

Indeks Perkembangan Harga Kaltara Turun 0,25%

  • TANJUNGSELOR, IBUKOTAKINI.COM—Indeks Perkembangan Harga (IPH) Provinsi Kalimantan Utara tercatat turun 0,25% yang menandakan bahwa harga barang di daerah terseb
Ekonomi
Redaksi

Redaksi

Author

TANJUNGSELOR, IBUKOTAKINI.COM—Indeks Perkembangan Harga (IPH) Provinsi Kalimantan Utara tercatat turun 0,25% yang menandakan bahwa harga barang di daerah tersebut terkoreksi.

Hal itu terungkap dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi yang dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian pada Senin (11/9/2023).

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kaltara Bustan bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kaltara kembali mengikuti rapat tersebut.

Data rilis Badan Pusat Statistik (BPS) tanggal 1 September 2023 menunjukkan tingkat inflasi tahun ke tahun (Agustus 2023 terhadap Agustus 2022) sebesar 3,27 persen, sedang tingkat inflasi bulan ke bulan (Agustus 2023 terhadap Juli 2023) menunjukkan pada angka negatif 0,02%.

Hasil analisis Badan Pangan Nasional (BPN) menjelaskan bahwa prognosa sampai dengan akhir 2023 semua komoditas pangan diproyeksikan aman.

Meski begitu BPN menghimbau agar masyarakat berhenti boros pangan dan berbelanja bijak agar kestabilan stok pangan dapat terjaga.

Presiden Joko Widodo berpesan kepada kepala daerah untuk tetap berupaya mengendalikan inflasi di daerah masing-masing hingga perlahan mengalami penurunan.