IPRO Award 2023, Wali Kota Balikpapan Ajak Daerah Manfaat Potensi ALKI II
Ekonomi

IPRO Award 2023, Wali Kota Balikpapan Ajak Daerah Manfaat Potensi ALKI II

  • IBUKOTAKINI.COM – Memiliki lokasi yang strategis di Alur laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II. Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengajak d
Ekonomi
Bunga Citra

Bunga Citra

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Memiliki lokasi yang strategis di Alur laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II. Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengajak daerah yang berada di lokasi ALKI II untuk melihat peluang investasi yang ada dan berperan aktif. 

Hal ini disampaikan dalam sambutan selamat datang dalam acara Investment Project Ready to Offer (IPRO) Award 2023 ALKI II Zone Investment Forum, di Hotel Grand Jatra Balikpapan, pada Senin malam, 25 September 2023. 

Wali Kota mengatakan bahwa ALKI II melintasi Selat Lombok-Selat Makassar-Laut Sulawesi ini memiliki letak geografis yang sangat strategis. 

“Jangan sampai kami di sini jadi penonton, terutama alur yang dilewati ALKI II,” ungkapnya.  

Ia menjelaskan ALKI II adalah jalur perdagangan internasional setelah Selat Malaka yang selama ini perdagangan asing yang masuk itu banyak keluar-masuk di Selat Malaka. “Sekarang Selat Malaka terjadi pendangkalan, juga krodit,” tandasnya.

Di tengah Kalimantan Timur ditetapkan sebagai Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara ALKI II ini jadi sangat seksi jalurnya. “Jadi kalau kita tidak berperan aktif mengelola di kawasan ini, saya Haqqul Yaqin kita akan jadi penonton di rumah sendiri," urainya.

BACA JUGA:

Agar tidak menjadi penonton menurutnya, diperlukan peran aktif. "ALKI II merupakan segitiga emas di antara wilayah ini antara Sulawesi dan Kalimantan yang kami sebut Ma'balu (Mamuju-Balikpapan-Palu," terangnya.

Rahmad menambahkan Ma'balu itu Mamuju, Mamuju itu meliputi Sulawesi Barat. Mamuju kemudian Balikpapan mewakili Kaltim, kemudian Ma'balu artinya Palu Sulawesi Tengah.

"Makanya kami adakan Forum ALKI II untuk melibatkan daerah-daerah dan memanfaatkan potensi ALKI II,” ujarnya.

Untuk diketahui, IPRO adalah potensi investasi yang dibuat dokumennya. Sehingga para investor, saat hari puncak, jika ingin investasi yang ada di IPRO ini sudah clean and clear.  

IPRO Award ini memang dokumen yang biasa dibuat DPMPTSP. Tapi kali ini dokumen tersebut dikurasi. Dikimkan kepada Kementerian investasi untuk dinilai bersama dengan Bank Indonesia. Sehingga tim penilai memang ada dan bukan dari Balikpapan.

Balikpapan menjadi salah satu daerah yang IPRO-nya dinilai bersama daerah-daerah lain. Balikpapan dari Kalimantan Timur mendapatkan juara ketiga pada IPRO Award ini. Sementara juara kedua adalah Polewali Mandar, Sulawesi Barat dan juara kedua Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Tampak hadiri dalam IPRO Award 2023 Direktur Pengembangan Promosi Kementerian Investasi Saribua Siahaan, dan Senior Advisor Indra Darmawan, dan Sekretaris Daerah Kota Balikpapan, Muhaimin S.T., M.T dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan serta perwakilan daerah ALKI II. (*)