Istri Gubernur Kaltim yang juga Ketua Dekranasda Kaltim, Norbati, berkunjung ke pengrajin batik Shaho di Balikpapan
Kabar Ibu Kota

Isteri Gubernur Kaltim, Pandai Membatik

  • Isteri Gubernur Kaltim, Pandai Membatik

Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

IBUKOTAKINI.COM - Istri Gubernur Kaltim yang juga Ketua Dekranasda Kaltim ternyata pandai membatik. Setidak-tidaknya kesabaran dan ketekunan terlihat saat Norbati Isran Noor melukis kain yang sudah dipola dengan canting yang telah dicelup dengan lilin.

Dan ia mengikuti instruksi pemilik Shaho Batik, Supratono dengan seksama. Tak perlu lama-lama, iapun terlihat seperti sudah biasa membatik. Sejak awal berkunjung ke Shaho Batik yang terletak di Batu Ampar, pada Jumat (6/11/2020) Norbaiti terlihat sangat antusias.

Ia menanyakan beberapa hal, mulai dari batik apa saja yang dihasilkan, hingga jumlah karyawan yang bekerja. Dari penjelasan pemiliknya ternyata ada 3 jenis batik yang dihasilkan dari Shaho Batik, yakni batik tulis, batik cap dan batik printing. Untuk yang terakhir ini paling diminati.

Nilai plus dari IKM Shaho Batik adalah di antara 9 pekerjanya dua orang merupakan disabilitas tuna rungu. Selain itu Shaho Batik juga memberi kesempatan SLB untuk praktek di Workshop batiknya.

Norbaiti pun memuji Supratono yang masih bertahan, meski batiknya juga terkena dampak covid 19, yakni berkurangnya pembeli yang hampir 50 persen. "Perekonomian kita bisa pulih salah satunya karena pak Supratono," puji Norbaiti.

Setelah selesai Norbaiti pun mengenakan selendang batik yang salah satunya tadi hasil dari goresannya.