IVA Test dan Penyuluhan Sadari Kembali Digelar YKI Balikpapan
Kabar Ibu Kota

IVA Test dan Penyuluhan Sadari Kembali Digelar YKI Balikpapan

  • IBUKOTAKINI.COM – Setelah sebelumnya digelar UPTD Puskesmas Kariangau. Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Balikpapan kembali menggelar IVA
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Setelah sebelumnya digelar UPTD Puskesmas Kariangau. Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Balikpapan kembali menggelar IVA Test dan Penyuluhan SADARI dengan menggandeng UPTD Puskesmas Gunung Bahagia dan Prodia, pada Sabtu (24/6/2023). IVA Test IVA test adalah metode inspeksi visual dengan asam asetat, atau dikenal juga dengan sebutan visual inspection with acetic acid. Seperti namanya, IVA test adalah suatu cara mendiagnosis dini kemungkinan adanya kanker serviks dengan menggunakan asam asetat.

Hasil pemeriksaan tes IVA yang muncul dapat melihat apakah terdapat pertumbuhan sel prakanker di dalam serviks alias leher rahim atau tidak.

IVA Test di UPTD Puskesmas Gunung Bahagia dibuka oleh Ketua Bidang Kehumasan YKI Cabang Balikpapan, dr. Syafaah dan Kepala UPTD Puskesmas setempat, Sulaiman. 

Syafaah mengungkapkan kanker leher rahim adalah satu dari sekian banyak jenis kanker yang kerap menyerang wanita. Dengan melakukan deteksi sejak dini, peluang kesembuhan kanker serviks dapat meningkat. Ada beberapa cara untuk mendeteksi kanker serviks, salah satunya adalah dengan melakukan IVA test alias pemeriksaan IVA. 

BACA JUGA:

“Pelaksanaan IVA test ini dilaksanakan secara rutin setiap pekannya. Dengan bekerjasama UPTD Puskesmas dan Prodia. Kali ini giliran Puskesmas Gunung Bahagia,” ungkapnya. 

Di Kelurahan Gunung Bahagia target yang melakukan pemeriksaan sebanyak 30 orang. “Harapannya pada hari ini dapat memenuhi target karena sosialisasi sudah dilakukan. Bisa juga dilakukan Pap smear. Yaitu prosedur untuk mendeteksi kanker leher rahim (serviks) pada Wanita,” urainya. 

Dalam kesempatan itu, Sulaiman mengatakan kegiatan yang dilaksanakan hari ini merupakan salah satu program standar pelayanan dari puskesmas yang juga fokus pada Penyakit Tidak Menular. 

IVA Test dan Penyuluhan Sadari Kembali Digelar YKI Balikpapan

“Di mana kami juga menjaring usia produktif dengan pemeriksaan dini agar masyarakat aware terhadap kesehatan,” ujarnya.  

Menurutnya, pemeriksaan awal untuk mendeteksi ini sangat penting. Dengan deteksi dini bisa dilakukan langkah selanjutnya dengan cepat. 

Selain IVA Test, tim dari Puskesmas juga melakukan penyuluhan deteksi dini kanker payudara. Terlihat ketika penyuluhan berlangsung para pengunjung antusias bertanya tanda-tanda kanker payudara. 

Tim dari YKI Cabang Balikpapan dan UPTD Puskesmas Gunung Bahagia serta Prodia nampak dikerahkan untuk melayani pengunjung yang datang. ###