Jadi Kota Penyangga IKN, Balikpapan Gencar Kembangkan Ekonomi Kreatif
Kabar Ibu Kota

Jadi Kota Penyangga IKN, Balikpapan Gencar Kembangkan Ekonomi Kreatif

  • Ekraf juga menjadi langkah strategis untuk keluar dari ketergantungan pada sektor ekonomi ekstraktif yang selama ini mendominasi Balikpapan.
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN - Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan gencar mengembangkan berbagai kegiatan bidang ekonomi kreatif (ekraf). Melalui Festival Pantai Mas Permai, Kecamatan Balikpapan Kota bersama Forum Ekonomi Kreatif menggelar festival yang melibatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan para pelaku ekraf di Balikpapan. 

Kegiatan tersebut mendapat apresiasi oleh Pemerintah Kota Balikpapan. Hal ini disampaikan Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Balikpapan, Neny Dwi Winahyu ketika menutup Festival Pantai Mas Permai yang berlangsung selama dua hari ini. 

Mewakili Pemerintah Kota Balikpapan, ia mengajak masyarakat untuk mengembangkan ekonomi kreatif (ekraf). 

“Ekraf memiliki potensi besar untuk menciptakan lapangan kerja baru, meningkatkan pendapatan masyarakat, dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah,” katanya di Pantai Mas Permai pada Sabtu malam 22 Juni 2024. 

Oleh karena itu, ekraf menjadi salah satu sektor andalan Kota Balikpapan dalam menyambut Ibu Kota Nusantara (IKN), dengan Balikpapan sebagai pintu gerbangnya.

"Ekraf juga menjadi langkah strategis untuk keluar dari ketergantungan pada sektor ekonomi ekstraktif yang selama ini mendominasi Balikpapan," jelas Neny.

Upaya Pemkot Balikpapan dalam mengembangkan ekraf di antaranya melalui pelatihan, insentif, analisis faktor keberhasilan, dan kolaborasi dengan para pelaku industri ekraf.

BACA JUGA:

"Dan ini membuahkan hasil dengan ditetapkannya Balikpapan sebagai kota kreatif pada tahun 2021 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)," ungkap Neny.

Penetapan ini menjadi bukti bahwa program pemerintah dalam mengembangkan ekraf telah menunjukkan hasil dan perlu terus ditingkatkan.

"Oleh karena itu, kami mengajak semua pihak untuk bersama-sama menumbuhkan ekonomi kreatif, salah satunya melalui festival-festival seperti ini," ajak Neny.

Festival Pantai Mas Permai menjadi wadah bagi masyarakat untuk menunjukkan kreatifitas mereka melalui berbagai kegiatan seperti lomba seni budaya, pameran UMKM, dan pertunjukan musik lokal.

"Ini merupakan bukti nyata dari kreatifitas masyarakat Kota Balikpapan," kata Neny.

Jadi Kota Penyangga IKN, Balikpapan Gencar Kembangkan Ekonomi Kreatif 

Hadir dalam festival Ketua III TP PKK Balikpapan, Yulianti Abdulloh, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, Cokorda Ratih Kusuma, Camat Balikpapan Kota dan sejumlag pelaku ekraf. 

Para pengunjung yang datang juga diberikan kupon yang bisa membelanjakannya di UMKM yang mendirikan stan di sekitar panggung.  

Di akhir kegiatan dilakukan penyerahan tropi dan uang pembinaan kepada pemenang lomba. Di antaranya lomba clean green healthy dan cover lagu. 

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DPOP) Pemkot Balikpapan Cokorda Ratih Kusuma menambahkan bahwa kehadiran IKN membuka peluang besar bagi para pelaku ekraf di Balikpapan.

"Sebagai kota penyangga IKN, Balikpapan harus mendapatkan manfaat dari pembangunan IKN, termasuk bagi pelaku ekraf," ujar Ratih.

Pemkot Balikpapan telah membentuk forum ekraf yang secara rutin mengadakan pertemuan untuk membahas peluang-peluang yang muncul dengan adanya IKN.

"Pemkot Balikpapan berkomitmen untuk terus membina dan mendorong ekraf di Kota Balikpapan, terlepas dari pemindahan IKN atau tidak," tegas Ratih. ***