Pjs Wali Kota Balikpapan Jadi Pembicara Seminar COMPACT 2024 ITK pada Rabu 16 Oktober 2024
Kabar Ibu Kota

Jadi Pembicara Seminar COMPACT 2024 ITK, Pjs Wali Kota Balikpapan Paparkan Tata Ruang

  • Pejabat sementara (Pjs) Wali Kota Balikpapan, Ahmad Muzakkir, menjadi salah satu keynote speaker dalam seminar nasional COMPACT 2024
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN – Pejabat sementara (Pjs) Wali Kota Balikpapan, Ahmad Muzakkir, menjadi salah satu keynote speaker dalam seminar nasional COMPACT 2024 yang diselenggarakan Institut Teknologi Kalimantan (ITK) pada Rabu 16 Oktober 2024. Seminar yang mengangkat tema Transformasi Kota Baru dan kawasan Pesisir yang Berkelanjutan, Integratif dan Inklusif ini juga melibatkan 4 keynote speaker lainnya dari OIKN dan Kementerian ATR/BPN. 

Pjs Wali Kota Balikpapan memaparkan tentang arah pengembangan wilayah dan strategi antisipasi aglomerasi dampak pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kota Balikpapan.  

Ia mengatakan dalam skala provinsi, Kota Balikpapan memiliki peran penting sebagai pintu gerbang dan pusat perdagangan dan jasa.

“Kota Balikpapan merupakan bagian dari strategi tiga kota dalam kerangka pengembangan IKN sebagai superhub ekonomi,” ungkapnya di depan ratusan mahasiswa Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota, ITK.

Ahmad Muzakkir menjelaskan dengan adanya IKN, Kota Balikpapan juga merevisi rencana tata ruang wilayah (RTRW) Kota Balikpapan 2024-2034.

BACA JUGA:

“Langkah ini dilakukan dalam menjaga keberlanjutan Pembangunan. Di mana Pemerintah Kota Balikpapan komitmen menjaga hal itu yakni dalam menjaga kawasan hutan lindung,” imbuhnya. 

Sesuai dengan perencanaan bahwa rencana polar uang Kota Balikpapan. Yaitu kawasan lindung luas sekitar 23.980 hektare dan kawasan budidaya seluas 27.535 hektare. 

“Sinkronisasi pola ruang perbatasan juga perlu dilakukan. Karena Balikpapan ini berbatasan dengan Kabupaten PPU, Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda,” urai Ahmad Muzakkir. 

Pjs Wali Kota Balikpapan Jadi Pembicara Seminar COMPACT 2024 ITK pada Rabu 16 Oktober 2024

Koordinator Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, ITK, Arief Hidayat, mengatakan bahwa seminar COMPACT 2024 ini rangkaian dari ceremony dies natalis ke 7 Astapolis. 

“Harapannya melalui kegiatan berbagai sharing tentang perencanaan tata ruang dapat bahan bagai mahasiswa,” tandasnya. 

Sementara itu, Rektor ITK, Agus Rubiyanto, menyampaikan kampus ITK ini diresmikan pada tahun 2014 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Dengan jumlah siswa yang sudah mencapai ratusan mahasiswa dengan berbagai prodi. 

“Di kampus ini juga menerapkan Merdeka Belajar, dan hasil prestasi juga membawa misi ini,” tambahnya. 

Ia menambahkan kegiatan ini merupakan menjadi salah satu kesempatan dalam berinovasi bagi generasi muda. 

Adapun keynote speaker lainnya adalah Sekretaris Direktorat Jenderal Tata Ruang, Kementerian ATR/BPN, Reny Windayanti; Deputi Perencanaan dan Pertanahan OIKN, Mia Amalia; Tim Khusus Presiden IKN, dan Guru Besar PWK Undip, Iwan Rudiarto. Dan dihadiri Kepala Bappeda-Litbang Kota Balikpapan, Murni. ***