Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Abdullah Azwar Anas,  menjadi salah satu pembicara yang dihadirkan pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) yang digelar di Ballroom Hotel Novotel Balikpapan, Jumat (24/2/2023).
Kabar Ibu Kota

Jadi Pembicara Rakernas APPSI, Menpan-RB RI Fokuskan Penyederhanaan Birokrasi Agar Lebih Lincah

  •  BALIKPAPAN - Abdullah Azwar Anas, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) RI menjadi salah satu pembicara yang dihadirka
Kabar Ibu Kota
Niken Dwi Sitoningrum

Niken Dwi Sitoningrum

Author

IBUKOTAKINI.COM - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Abdullah Azwar Anas,  menjadi salah satu pembicara yang dihadirkan pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) yang digelar di Ballroom Hotel Novotel Balikpapan, Jumat (24/2/2023).

Penyederhanaan birokrasi menjadi salah satu permasalahan yang dibahas dalam pemaparannya pada kesempatan tersebut.

"Penyederhanaan birokrasi ini menjadi target dan arahan Bapak Presiden, agar birokrasi kedepan lebih lincah," ucapnya kepada awak media.

"Yaitu, tidak adanya lagi struktur eselon empat ke bawah," tambahnya.

Namun demikian, Azwar mengatakan, untuk dapat mewujudkan hal tersebut. Pihaknya juga masih berupaya untuk merumuskan regulasi yang tepat, guna mengatur penyederhanaan birokrasi yang dimaksud.

BACA JUGA:

"Ini adalah bagian yang mesti kita beresin beberapa regulasinya, kemarin klasifikasi jabatan pelaksana itu masih 3.414. Supaya lebih lincah sekarang kita potong tinggal 3 klasifikasi jabatan pelaksana. Tentu kedepan akan lebih lincah," jelasnya.

Selain itu, ia menyampaikan, terdapat jabatan fungsional yang masih mengurus angka kredit. Menurutnya, hal tersebut tentu membuat pengisi jabatan tersebut menjadi tidak fokus pada tugas utamanya.

"Terutama guru dan teman-teman di lapangan. Sekarang ini sudah kita permudah, sehingga targetnya (bisa) lebih lincah," tandasnya. ###