Jimmi
Advertorial

Jadi Superhub IKN, DPRD Kutim Sebut Perlu Kesiapan Infrastruktur Pendukung

  • KUTAI TIMUR – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Timur menyambut baik penunjukan Kutim sebagai Superhub ekonomi Indonesia Knowle
Advertorial
Is Wahyudi

Is Wahyudi

Author

KUTAI TIMUR, IBUKOTAKINI.COM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Timur menyambut baik penunjukan Kutim sebagai Superhub ekonomi Indonesia Knowledge Network (IKN) oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), bersama dengan beberapa daerah lain di Kalimantan Timur.

Meskipun sektor pertambangan yang selama ini menjadi tulang punggung pembangunan daerah, akan tetapi tidak masuk dalam program transformasi ekonomi yang diselenggarakan dimulai pada tahun 2030 mendatang.

Anggota Komisi C Bidang Pembangunan DPRD Kutim, Jimmi, menekankan pentingnya kesiapan infrastruktur pendukung. Jimmi menyarankan pemerintah daerah untuk mulai menyiapkan berbagai infrastruktur pendukung guna mengoptimalkan sumber pendapatan dari sektor lain.

“Baik itu pertanian, perikanan, perkebunan, dan pariwisata. Yang kita harapkan akan menjadi modal dasar kita untuk terus meningkatkan devisa kedepan,” ungkapnya pada Selasa 21 November 2023.

BACA JUGA:

Menurut Jimmi, peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) menjadi kunci utama dalam arah pembangunan daerah.

“Meskipun sumber daya alamnya sedikit, tapi kalau SDM-nya berkualitas, dengan teknologi terkini akan berdampak terhadap pembangunan,” ujarnya.

Di samping itu, ia juga membandingkan kemajuan pembangunan Kutim dengan daerah lain yang masih cukup timpang. Salah satu faktor utamanya yaitu adanya perbedaan kualitas SDM. Sehingga politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini berharap pemerintah dapat mengoptimalkan dukungan anggaran untuk meningkatkan kapasitas SDM, agar Kutim bisa mencapai ketertinggalannya dibandingkan dengan daerah lain, terutama di Pulau Jawa.

“Kita kalahnya dengan Pulau Jawa, cuman jumlah penduduk. Jadi di sana banyak kepala yang ikut memikirkan daerahnya, kita di sini kekurangan,” tutup Jimmi. (Adv/DPRD Kutim)