Jadikan Keluarga Sehat dan Tanggap, PKK Tandatangani MoU, di Aula Gedung PKK Balikpapan, Selasa (28/6/2022)
Kabar Ibu Kota

Jadikan Keluarga Sehat dan Tanggap, PKK Balikpapan Tandatangani MoU

  • IBUKOTAKINI.COM – Menjadikan keluarga sehat, dan menyejahterakan keluarga. Tim Penggerak PKK Balikpapan menandatangani nota kesepakatan dengan Badan Penanggulan
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM – Menjadikan keluarga sehat, dan menyejahterakan keluarga. Tim Penggerak PKK Balikpapan menandatangani nota kesepakatan dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan, Dinas Kesehatan Balikpapan dan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga (DP3AKB). 

Penandatanganan ditandatangani langsung Ketua Penggerak PKK Nurlena Mas’ud dengan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Balikpapan di Aula Gedung PKK Balikpapan, pada Selasa (28/6/2022). 

Kepala DP3AKB Balikpapan Alwiati mewakili Walikota Balikpapan Rahmad Mas'ud, saat membacakan sambutan mengatakan tujuan dari penandatangan nota kesepahaman ini untuk membentuk dan memberdayakan keluarga sehat, tanggap dan tangguh bencana dalam rangka kesejahteraan keluarga.

"Upaya membentuk individu keluarga dan masyarakat, agar mampu menolong diri sendiri  atau mandiri, berpengetahuan, sadar, berbudaya dan tangguh dalam menghadapi bencana," katanya.

Dengan pemberdayaan perempuan, maka terwujud kesejahteraan didalam keluarga dan berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan yang sehat, tanggap dan tangguh dengan berbagai bentuk ancaman bencana.

Sebagai wujud komitmen dan upaya nyata dalam mendorong peran keluarga yang pada dasarnya memiliki peran yang sangat strategis dalam banyak hal. Di antaranya mempersiapkan SDM yang berkualitas, menumbuhkan nilai-nilai moral serta sebagai lingkungan yang mengayomi setiap anggota keluarga. "Ini merupakan instrumen yang sangat baik dalam mengoptimalkan peran keluarga," terangnya.

Ketua TP-PKK Kota Balikpapan Nurlena Mas'ud menyampaikan, PKK Kota Balikpapan terutama Pokja IV bekerjasama dengan tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Balikpapan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai keluarga sehat, tanggap dan tangguh bencana.

Jadikan Keluarga Sehat dan Tanggap, PKK Tandatangani MoU

OPD terkait akan memberikan ilmu kepada Pokja IV dan akan disosialisasikan kepada kader-kader PKK maupun masyarakat. 

"Nanti kita dikasih ilmu baru kita mentransfer ke kader-kader dan masyarakat. Semisal bagaimana kita menangani bencana longsor, yang kita tangani dari keluarga dulu," jelasnya. 

Melalui sosialisasi ini keluarga menjadi tanggap terhadap bencana sebelum petugas datang, sehingga mengurangi resiko akibat bencana. 

"OPD bergabung dengan kita menjadi lebih terlatih, sehingga mendapatkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan dan bisa langsung direalisasikan kepada masyarakat," harapnya.

Untuk mendukung visi misi Walikota Balikpapan, PKK Balikpapan menciptakan lingkungan yang nyaman dihuni salah satunya dengan menurunkan indeks resiko bencana. "Kalau keluarga sudah siap semua, jadi resiko lebih rendah. Kita sudah tanggap, kerugian material tidak terjadi dan psikologisnya bisa diatasi," tutupnya.