Jaga Kelestarian Budaya Kota Raja, Ini Strategi Pemkab Kutai Kartanegara
Kabar Ibu Kota

Jaga Kelestarian Budaya Kota Raja, Ini Strategi Pemkab Kutai Kartanegara

  • IBUKOTAKINI.COM - Kerajaan Kutai merupakan kerajaan tertua di Indonesia. Banyak sekali peninggalan kebudayaan yang hingga saat in
Kabar Ibu Kota
Robi Sugiarto

Robi Sugiarto

Author

KUTAI KARTANEGARA, IBUKOTAKINI.COM - Kerajaan Kutai merupakan kerajaan tertua di Indonesia. Banyak sekali peninggalan kebudayaan yang hingga saat ini dilestarikan di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Untuk melestarikan kebudayaan dibutuhkan pengenalan, pemasaran, dan promosi. Pemerintah Kabupaten (pemkab) Kukar, memberikan kontribusi yang baik dalam menjaga kelestarian kebudayaan Kutai.

Kepala Seksi (Kasi) Promosi dan Kemitraan, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, usaha kecil dan menengah (Disprindag) Kukar, Zaidah Isnaini memberikan komentar tentang menjaga kelestarian kebudayaan yang ada di Kota Raja.

Kasi Promosi dan Kemitraan, Zaidah mengatakan strategi saat ini untuk menjaga kebudayaan dengan cara memperlihatkan budaya di event-event yang dibuat oleh pemkab, dan di media-media saat ini.

“Media cetak kemudian pameran dan event-event dengan mengikuti pameran. Kita tampilkan produk nya dan cara pembuatannya," Ucap Zaidah pada jumat (14/10/2023) Siang.

Selain itu, Zuliah mengatakan Bupati Kukar Edi Damansyah menekankan untuk mempromosikan makanan khas tradisional Kutai yaitu "jajak" sama dengan kue.

"Kita digenjot oleh bapak bupati untuk mempromosikan makanan khas tradisional Kutai jajak yang pertama temu kunci, jajak cincing, keminting, roti balok, dodol kertap," ucapnya.

BACA JUGA:

Selanjutnya, Kasi Promosi dan Kemitraan mengatakan, selain kuliner ada juga kelestariannya berupa kerajinan tangan masyarakat Kota Raja.

“Kerajinan itu misalnya, ulap doyo ada badon tencep sama kerajinan sulam tumpar. Yang lain ada manik-manik dan kerajinan rotan,” ucapnya.

Dari pihak Pemkab juga, meminta agar semua yang berkaitan dengan kebudayaan Khas Kutai untuk dimintakan Hak cipta brand dari Kota Raja.

"Jadi itu yang dimintakan Hak cipta dan brand dari Kutai Kartanegara. Dalam hal ini, kami juga sudah bekerjasama dengan pihak koperasi sebagai pelaku pembina UMKM di Kutai Kartanegara,” ungkapnya. (Adv)