Jaga Kelestarian Lingkungan, Pemkab PPU Resmikan 15 Kampung Iklim (Foto: Istimewa)
Advertorial

Jaga Kelestarian Lingkungan, Pemkab PPU Resmikan 15 Kampung Iklim

  • PENAJAM - Dalam menjaga kelestarian lingkungan, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) kembali Meresmikan 15 kampung iklim. Peres
Advertorial
Is Wahyudi

Is Wahyudi

Author

PENAJAM, IBUKOTAKINI.COM - Dalam menjaga kelestarian lingkungan, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) kembali Meresmikan 15 kampung iklim. Peresmian dilakukan langsung Pj Bupati PPU, Makmur Marbun yang terpusat di Desa Api-api, Kecamatan Waru, Jumat 2 Februari 2024.

Dalam peresmian, Makmur Marbun ingin masyarakat memiliki peran masing-masing kampung iklim, terutama dalam menjaga kelestarian lingkungannya. 

Pada tahun 2023 lalu, setidaknya ada 11 desa yang diresmikan menjadi kampung iklim. Kemudian pada tahun ini, kampung iklim kembali diresmikan di 15 desa.

"Setelah di launchingnya proklim harus bisa menunjukkan manfaat seperti yang diharapkan," ucap Makmur dalam sambutannya.

Proklim, lanjut Makmur Marbun, tujuannya untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain, untuk melakukan penguatan adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca.

BACA JUGA:

Selain itu juga sebagai upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, agar dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.

Kampung iklim adalah lokasi yang berada di wilayah administratif paling rendah setingkat Rukun Warga (RW) atau dusun.

Dan paling tinggi setingkat kelurahan atau desa. "Atau wilayah yang masyarakatnya telah melakukan upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim secara berkesinambungan," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Penajam Paser Utara, Tita Deritayati mengatakan bahwa masyarakat memiliki peran di masing-masing kampung iklim, terutama dalam menjaga kelestarian lingkungannya.

Dinas lingkungan hidup Kabupaten Penajam Paser Utara, tambah Tita, pada tahun 2023 telah membentuk Kampung Iklim di 11 desa.

"Kami berharap masyarakat dapat berperan aktif dalam kegiatan proklim," tutupnya. (Adv/Diskominfo PPU)