Seorang pengguna Facebook membagikan KTP yang dijadikan modus untuk melakukan penipuan. Pemilik KTP membuat utas panjang menjelaskan kronologi tersebarnya identitas itu.
Tekno

Jaga KTP Anda! Seorang Warga Jadi Korban Penipuan Gegara Identitas Tersebar

  •   IBUKOTAKINI.COM – Anggita Trisna Putri mengaku menjadi sasaran korban penipuan yang memanfaatkan foto kartu identitas miliknya yang terpampang di situs Pinterest. Diduga belasan orang menjadi korban.
Tekno
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM – Linimasa Twitter digegerkan dengan utas seorang pemilik Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang namanya dijadikan modus untuk menipu. Tak main-main, kartu identitas dengan nama Anggita Trisna Putri dipakai untuk menipu dengan berbagai modus. Mulai dari pembelian tiket konser, scam pembayaran uang kos, sampai jual beli minyak goreng bersubsidi. 

“Perhatian untuk semuanya. Saya Anggita Trisna Putri. Ingin menginformasikan bahwa KTP saya disalahgunakan untuk menipu dengan macam-macam modus. Seperti menjual minyak, meminjam uang, menjual velg, dan menjual tiket konser,” tulis akun Twitter @Anggitatrisna_p.

Warga Bekasi, Jawa Barat itupun menjelaskan duduk perkara penggunaan KTP miliknya sebagai alat penipuan. Menurut Anggita, peristiwa itu berawal ketika KTP miliknya difoto salah satu teman dengan maksud untuk disimpan. 

“Teman saya yang memfoto KTP saya untuk menyimpan pas foto di KTP saya. Teman saya menyimpan foto itu di aplikasi Pinterest. Awalnya teman saya tidak mengetahuinya, jika menyimpan foto di Pinterest itu ternyata teruploud untuk publik,” tulis Anggita.

Singkat cerita, foto KTP itu tersebar ke berbagai platform. Hal itu diketahui Anggita berdasarkan kolom komentar di aplikasi Pinterest milik temannya. 

“Komentarnya seperti ini ‘kak maaf foto KTP-nya jangan di upluod takutnya kesebar, bahaya’ kurang lebih seperti itu, dan teman saya telat menghapus foto itu,” beber Anggita.

Tak berapa lama kemudian, Anggita juga menerima direct message melalui akun Instagram. Sesorang dengan akun Khansanzr menanyakan apakah menjadi korban data leak (peretasan). 

“Kalau iya, saya cuma mau ngabarin KTP mba ada di Pinterest, saya takut disalahgunakan sama orang. Sebelum ada kerugian sebaiknya mba kroscek dulu,” tulis Khansanzr, dalam potongan layar yang dibagikan. 

Saat itu juga Anggita melakukan googling atas namanya sendiri. Dan....   “Saya cek nama saya di Google "Anggita Trisna Putri" ternyata ada foto KTP saya dari akun twitter,” tulisnya. 

Hasil pencariannya menunjukkan KTP miliknya dipakai untuk melakukan penipuan. 

Melihat informasi itu, Anggita membuat laporan polisi pada 13 Maret 2022. “Saya putuskan untuk melaporkan masalah ini ke Polres Metro Bekasi. Pada saat itu saya hanya konsultasi tentang masalah ini dan belum di tindak lanjuti apapun, hanya disuruh me-report postingan twitter tersebut yang terdapat foto KTP saya.”

Belakangan, foto KTP nya juga menyebar di Facebook dan digunakan untuk melakukan penipuan. 

Bahkan hanya berselang dua pekan sejak laporan polisi, ada warga yang kembali menjadi korban. “Pada 26/03/2022 ada korban yang tertipu lagi, dengan modus menjual velg. KTP saya tidak digunakan, tapi pelaku menggunakan alamat rumah saya yang ada di KTP. Korban menghampiri alamat rumah saya yang tertera di KTP itu.” Anggita menjelaskan. 

Akhirnya pada 14 April 2022, Anggita melaporkan kejadian yang dialaminya ke Polres Metro Bekasi.

Meski sudah dilaporkan ke polisi, ternyata masih jatuh korban. Mislanya pada 15 Oktober 2022 ada orang yang menggunakan KTP miliknya untuk menipu dengan modus menjual tiket konser Dewa, “dan korban menghampiri rumah saya”. 

Bahkan dari Instagram Story Soundfest, terdapat beberapa korban yang tertipu dengan KTP milik Anggita. 

Berikutnya pada 27 Oktober 2022 ada korban lagi dan menghampiri alamat rumah Anggita. “Beliau sudah tahu kalau KTP saya disalahgunakan. Beliau melihat dari twitter banyak korban dari KTP saya. Beliau berniat ingin memberi tahu saya kalau KTP saya sudah disalahgunakan orang,” jelas Anggita. Akhirnya bersama korban, Anggita kembali melapor polisi.  

Utas yang ditulis @Anggitatrisna_p ini menarik perhatian pengguna Twitter. Frasa Anggita Trisna Putri sempat menjadi trending topik dengan berbagai komentar pro dan kontra. ###