Jajanan Anak Sehat dan Aman, Dinas Ketahanan Pangan PPU Gelar Sosialisasi  ke Sekolah
Penajam

Jajanan Anak Sehat dan Aman, Dinas Ketahanan Pangan PPU Gelar Sosialisasi ke Sekolah

  • Sosialisasi ini membahas mengenai pentingnya menjaga keamanan pangan jajanan anak anak dari mulai proses pembuatan/produksi hingga penyajian ke anak-anak sekolah.
Penajam
Is Wahyudi

Is Wahyudi

Author

PENAJAM - Dinas Ketahanan Pangan melalui Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan melaksanakan Program Pengawasan Keamanan Pangan. Salah satu wujud dari program itu adalah Kegiatan Sosialisasi Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), 23-25 April 2024.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten PPU, Mulyono menjelaskan, sekolah merupakan tempat anak anak untuk belajar dan tumbuh. Tidak hanya  secara akademik  tetapi juga secara fisik dan mental oleh karena itu penyediaan jajanan sehat  di sekolah menjadi  sangat penting. Jajanan sehat tidak hanya memenuhi  kebutuhan gizi anak anak, tetapi juga  berperan dalam pembentukan  kebiasaan makan  yang sehat sejak dini.

“Sesuai dengan Instruksi Badan Pangan Nasional mengenai Promosi Konsumsi Pangan Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA), Sosialisasi ini menjalankan sisi keamanan dari pangan yang dikonsumsi, secara spesifik kepada anak-anak,” terang Mulyono.

Jajanan sehat disekolah, ujar Mulyono tidak hanya memberikan  manfaat bagi kesehatan anak-anak, tetapi juga dapat menjadi sarana edukasi bagi mereka. Dengan menyediakan pilihan jajan yang bergizi dan aman, anak-anak dapat belajar untuk membuat pilihan makanan  yg tepat dan memahami pentingnya penerapan  pola makan yg  berkelanjutan hingga dewasa.

BACA JUGA:

Upaya tersebut merupakan bentuk perhatian dan keperdulian pemerintah daerah melalui Dinas Ketahanan Pangan melalui pelaksanaan sosialisasi di Kecamatan Penajam dan Waru dengan Narasumber ahli dari Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Timur dan Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara serta Tim Teknis Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan.

Peserta kegiatan sosialisasi diikuti oleh kepala sekolah, guru, pengelola kantin, serta komunitas sekolah  yang  berasal perwakilan empat kecamatan yaitu Kecamatan Penajam, Waru, Babulu dan Kecamatan Sepaku. Untuk di wilayah Sepaku, dilaksanakan tanggal 7 Mei di Balai Penyuluhan Pertanian, serta tanggal 14 Mei di Kecamatan Babulu.

“Sosialisasi ini membahas mengenai pentingnya menjaga keamanan pangan jajanan anak anak dari mulai proses pembuatan/produksi hingga penyajian ke anak-anak sekolah, selain itu narasumber juga menyampaikan pentingnya memiliki izin/registrasi untuk pangan baik olahan maupun baku,” tandasnya. (ADV/DISKOMINFO PPU*)