Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud saat meninjau Jalan Mukmin Faisal pada Selasa 3 September 2024
Kabar Ibu Kota

Jalan Mukmin Faisal Tahun ini Bisa Digunakan Pengendara

  • Dengan adanya jalur ini dapat memecah kemacetan yang terjadi didalam kota. Pengerjaan jalan yang menggunakan anggaran Bantuan Keuangan (Bankeu) dari Provinsi Kaltim ini diperkirakan akan selesai tahun ini.
Kabar Ibu Kota
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

IBUKOTAKINI.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan terus berupaya menanggulangi permasalahan kemacetan yang terjadi di Kota Balikpapan dengan membuka jalur baru, salah satunya Jalan Mukmin Faisal.

Jalur ini akan menghubungkan jalan dari arah Kilo Meter 8 Kecamatan Balikpapan Utara menuju Kecamatan Balikpapan Timur. Dapat juga dilalui dari Kecamatan Balikpapan Selatan. 

Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud berharap dengan adanya jalur ini dapat memecah kemacetan yang terjadi didalam kota. Pengerjaan jalan yang menggunakan anggaran Bantuan Keuangan (Bankeu) dari Provinsi Kaltim ini diperkirakan akan selesai tahun ini. 

Dengan langkah ini, Pemerintah sudah melakukan tindakan, untuk penanggulangan kemacetan lalu lintas. 

“Insyaallah jika tahun ini selesai, tahun depan bisa memecah kemacetan di Balikpapan. Apalagi kalau stadion ada pertandingan saya yakin tidak terlalu padat lagi di Jalan Mulawarman. Ini sudah bisa di lewati hanya belum di cor,” tuturnya.

Nantinya beberapa jalur alternatif akan terhubung dan terintegrasi semua di wilayah Balikpapan dengan dibukanya Jalan Mukmin Faisal.

BACA JUGA:

Saat ini, pengerjaan jalan tersebut kurang 1,1  kilo meter, masyarakat dapat melintasi beberapa wilayah di Kecamatan Balikpapan Timur, seperti Manggar, Gunung Tembak maupun Batakan. 

“Ini bisa tebus ke stadion. Akses ini akan berputar sehingga kedepannya nanti kemacetan bisa kita antisipasi. Ini juga untuk akses ke stadion Batakan,” ungkapnya.

Jika nanti ada pertandingan sepak bola, penonton tidak hanya melintas di satu jalur saja, tetapi bisa melewati jalur ini sehingga dapat mengurangi kemacetan. 

“Dari kilo tidak perlu masuk ke dalam, kita mau keluar juga tidak masuk ke dalam. Ini langka kita mencegah kemacetan nanti.

Insyaallah kalau ini sudah berfungsi nanti macet berkurang,” katanya.

Kedepan pemkot akan membuka beberapa jalan alternatif lain sebagai pemecah kemacetan di dalam kota seperti Jalan Kilo Meter 10, tepatnya Pondok Pesantren Hidayatullah menuju Kilo Meter 23. Bahkan, Pemkot merencanakan rute ini dapat difasilitasi dengan Bus Balikpapan City Trans (BCT). 

“Mungkin nanti kita siapkan bis untuk jalan baru yang tidak dilewati oleh angkot,” pungkasnya. ***