Jejak Desa Penglipura, Kerta Buana akan Jadi Destinasi Wisata Baru
Kutai Kartanegara

Jejak Desa Penglipura, Kerta Buana akan Jadi Destinasi Wisata Baru

  • KUTAI KARTANEGARA - Desa Kerta Buana, Kecamatan Tenggarong Seberang akan dikembangkan menjadi desa wisata di Kutai Kartanegara (Kukar). Desa tersebut sala
Kutai Kartanegara
Robi Sugiarto

Robi Sugiarto

Author

KUTAI KARTANEGARA - Desa Kerta Buana, Kecamatan Tenggarong Seberang akan dikembangkan menjadi desa wisata di Kutai Kartanegara (Kukar). Desa tersebut salah satu wilayah yang mayoritas penduduknya berasal dari Pulau Bali.

"Saya ingin Kerta Buana mencontoh desa-desa di Bali terkait pengembangan wisatanya," ucap Kepala Desa Kerta Buana, I Dewa Ketut Basuki Rabu 3 April 2024.

Basuki, mengatakan tujuannya adalah untuk melestarikan budaya dan menarik minat masyarakat untuk berkunjung ke Desa Kerta Buana. 

“Saya terinspirasi Desa Penglipura yang ada di Bali. Mereka mengembangkan pariwisata lokal dan pengunungnya juga banyak," kata Basuki.

BACA JUGA:

Ia menyebutkan bahwa pihaknya akan melakukan pendekatan kepada masyarakat. Dengan tujuan agar ide untuk menjadikan Kerta Buana menjadi desa wisata bisa terwujud.

"Saya yakin dan percaya dengan adanya kerja sama antara Pemdes dan seluruh warga, kita dapat mewujudkan impian itu,” sebutnya.

Kata dia, pihaknya telah membangun beberapa fasilitas di lokasi yang telah ditentukan. Saat ini, sedang dalam proses pembangunan pondasi sepanjang 300 meter.

“Kami sudah menyiapkannya. Rencananya, wilayah ini akan dijadikan sebagai pusat kegiatan seni dan budaya. Kemudian ada gapura kecil juga sudah dibangun,” pungkasnya. (*ADV/DISKOMINFO-KUKAR)