Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) memberikan bantuan peralatan hewan qurban ke Masjid serta Langgar di Samarinda
Kabar Ibu Kota

Jelang Idul Adha 1442 H, Pemprov Kaltim Bantu Peralatan Potong Hewan

  • IBUKOTAKINI.COM – Untuk meningkatkan kemampuan petugas qurban, Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) memberikan bantuan
Kabar Ibu Kota
Admin

Admin

Author

IBUKOTAKINI.COM – Untuk meningkatkan kemampuan petugas qurban, Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) memberikan bantuan peralatan hewan qurban ke Masjid serta Langgar di Samarinda. 

Bantuan tersebut sebagai bentuk dukungan dalam menyambut Hari Raya Idul Adha dan meningkatkan kemampuan petugas. Adapun jumlah peralatan yang diberikan sebanyak 20 unit. 

“Alhamdulillah, ada dua puluh unit alat potong hewan qurban yang dibagikan pada tahun ini,” terang Kepala Dinas PKH Kaltim, Munawwar, Ahad (11/7/2021).

Bantuan alat potong hewan yang dibagikan, terang Munnawar, bertujuan memudahkan petugas saat melaksanakan tugas sebagai pemotong hewan qurban agar sesuai syariat Islam seperti mudah melakukan penyembelihan serta tidak menyakiti hewan.

Hewan kurban, lanjutnya, tidak jauh berbeda dengan ternak yang disembelih untuk keperluan warga setiap harinya, namun dalam pemotongan hewan untuk qurban ada beberapa syarat yang dipenuhi termasuk kesehatan hewan.

Untuk menjamin kesehatan masyarakat, Dinas PKH bersama Dinas Pertanian atau Pertenakan se Kaltim, melakukan pemantauan bahkan telah memeriksa ribuan ekor hewan qurban yang dijual pedagang ternak.

“Pertemuan dengan jajaran pengurus masjid serta panitia qurban, diharapkan pengetahuan petugas akan kesehatan hewan meningkat, sehingga tidak asal potong yang akhirnya menyebabkan gangguan kesehatan masyarakat,” bebernya.

Terkait stok hewan qurban seperti sapi dan kambing di Samarinda, dijelaskan mencukupi. Berdasarkan data, di Samarinda saat ini terdapat 3.037 ekor hewan qurban yang sudah diperiksa tim dan dinyatakan sehat.

“Hingga saat ini belum ada informasi hewan kurang sehat, Insya Allah semua sehat dan memenuhi syarat untuk menjadi hewan Qurban pada tahun ini,” ujar Munawwar.