Jelang Idulfitri 1445 Hijriah, ASN Pemkot Balikpapan Bayar Zakat
Balikpapan

Jelang Idulfitri 1445 Hijriah, ASN Pemkot Balikpapan Bayar Zakat

  • BALIKPAPAN – Sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan membayar zakat fitrah ke Baznas.  Pelaksanaan p
Balikpapan
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan membayar zakat fitrah ke Baznas. Pelaksanaan pembayaran zakat secara simbolis diawali oleh Sekretaris Daerah Kota Balikpapan H. Muhaimin di Auditorium Balai Kota Balikpapan pada Kamis 28 Maret 2024.

ASN tidak hanya membayar zakat fitrah melainkan infaq dan sodaqoh serta zakat maal. Kegiatan juga dirangkaikan dengan Pengajian Amaliah yang rutin diselenggarakan Pemerintah Kota Balikpapan setiap pekannya. 

Sekda Balikpapan Muhaimin mengatakan, pembayaran zakat itu wajib, warga bisa taat pajak tapi juga wajib bayar zakat. “Mudah-mudahan ini menambah keimanan. Seperti kita ketahui harta yang dititipkan ke kita ada yang berhak didalamnya, termasuk zakat fitra yang wajib kita kasih keluar tiap tahunnya,” kata Muhaimin. 

Dirinya juga berharap, agar zakat fitrah ini bisa disalurkan dengan baik. Juga sedekah yang disalurkan melalui Baznas bisa bermanfaat. 

“Yang nantinya akan diteruskan kepada saudara kita yang membutuhkan. Karena umat muslim juga bisa lebih produktif membantu saudara kita yang membutuhkan,” ungkapnya. 

Muhaimin mengungkapkan kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan arahan Wali Kota Balikpapan. “Yakni pembayaran zakat, infak, sedekah untuk pejabat pemerintah kota Balikpapan,” tambahnya.

BACA JUGA:

Di kesempatan ini, Sekda juga minta agar zakat dibayar lebih awal, bisa dimanfaatkan untuk kemaslahatan. 

“Saya pun Alhamdulillah sudah. Untuk zakat fitrah saya laksanakan di komplek perumahan, zakat mal saya serahkan saya serahkan melalui Baznas Balikpapan,” jelasnya. 

Pemerintah Kota Balikpapan juga telah memiliki program bersama Baznas berupa pemotongan 2,5 persen tiap bulannya. 

“Nah ini akan kami cek kembali. Mudah-mudahan seluruhnya sudah mengeluarkan zakatnya,” harapnya. 

Usai Sekda Balikpapan membayarkan zakatnya, kemudian diikuti sejumlah ASN lainnya. Seperti Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan pegawainya lainnya. 

Ada empat layanan yang dibuka Baznas Balikpapan untuk menerima pembayaran zakat di Auditorium Balai Kota Balikpapan. (*)