Dinas Perhubungan Kaltim melaksanakan Ramp Check kepada sejumlah Bus di Balikpapan jelang lebaran 2022
Kabar Ibu Kota

Jelang Mudik Lebaran, Dishub lakukan Ramp Check Bus

  • IBUKOTAKINI.COM – Mendekati arus mudik lebaran tahun 2022. Dinas Perhubungan Kalimantan Timur melakukan inspeksi keselamatan (Ramp Check) kepada sejumlah bus. K
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM – Mendekati arus mudik lebaran tahun 2022. Dinas Perhubungan Kalimantan Timur melakukan inspeksi keselamatan (Ramp Check) kepada sejumlah bus. Kali ini Dishub melakukan ramp check pada perusahaan Bus Gelora, yang berlokasi di KM 1 Jalan Soekarno Hatta, Balikpapan. 

Ramp check dilaksanakan guna memeriksa keamanan dan kelaikan transportasi dalam rangka persiapan angkutan lebaran mendatang.

Kepala Dinas Perhubungan Kaltim AFF Sembiring mengatakan jajarannya bergerak cepat, usai mengikuti Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Pengamanan Idul Fitri 1443 H, di Markas Kepolisian Daerah Kaltim, dilanjutkan melakukan ramp check angkutan darat di Balikpapan.

“Kami langsung action, karena salah satu arahan Kapolri yaitu mengecek kesiapan transportasi yang akan melayani masyarakat mudik lebaran tahun ini,” ujar Sembiring dalam akun resmi Biro Adpim Setdaprov Kaltim, pada Jumat (15/4/2022).

Dia membeberkan, ada tiga hal yang menjadi target pemeriksaan guna memastikan kendaraan memenuhi syarat teknis dan laik jalan yaitu kelengkapan administrasi kendaraan, pemeriksaan fisik dan kelengkapan sarana penunjang.

“Kita cek semua, mulai surat kendaraan, masa berlaku kirnya. Kalau fisik ya kita periksa kondisi kendaraan seperti mesin, sistem pengereman dan lain-lain,” jelas Kadishub.

Dishub Kaltim dalam waktu dekat juga akan melakukan ramp check pada moda transportasi lain seperti kapal laut, kapal sungai bahkan kapal wisata. Hal tersebut dilakukan guna menjamin keselamatan penumpang.

“Kenapa kapal wisata, karena pada libur Idul Fitri kan banyak masyarakat yang berwisata menggunakan kapal seperti kapal susur sungai Mahakam,” pungkasnya.