Dbon Festival di Lapangan Merdeka Balikpapan
Ekonomi

Jelang Peringatan Haornas, DBON Festival Dibuka 

  • IBUKOTAKINI.COM - Sedikitnya 40 Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Balikpapan mengikuti DBON Festival yang digelar selama tiga hari di Lapangan Merdeka.&nbs
Ekonomi
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM - Sedikitnya 40 Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Balikpapan mengikuti DBON Festival yang digelar selama tiga hari di Lapangan Merdeka. 

Pagelaran Dbon Festival berlangsung mulai 2 hingga 4 September 2022. Di mana pada 4 September besok akan berlangsung lomba 10K. 

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DPOP), Ratih Kusuma menjelaskan, kegiatan yang diselenggarakan ini bagian sosialisasi program pemerintah yaitu Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan yang serta sosialisasi Peraturan Presiden No. 86 tahun 2021 tentang desain besar Olahraga Nasional yang mana visinya “Indonesia Bugar Berkarakter Unggul dan Berprestasi Dunia”.

“Kegiatan diikuti oleh 17 cabang olahraga yang masuk dalam Dbun yaitu ada bulutangkis, balap sepeda, bola voli, bola basket, pencak silat, panahan, panjang tebing, atletik angkat besi, senam, sepak bola, dayung, taekwondo, menembak, renang, dan karate," sebutnya.

Kegiatan lainnya yaitu UMKM sebanyak 40 unit yang tergabung dari UMKM lokal Balikpapan. Yang tujuannya dalam peningkatan perekonomian masyarakat khususnya kota Balikpapan.

Baca juga:

Dalam pembukaan Pj Sekda Muhaimin mewakili Wali Kota Balikpapan, H. Rahmad Mas’ud SE, ME, mengatakan bahwa pameran Dbon festival ini untuk membangun animo masyarakat menjelang puncak pada 9 September tahun 2022 yang merupakan rangkaian dari Hari Olahraga Nasional ke-39. 

“Diharapkan kita mensosialisasikan Dbon sebagai salah satu instrumen penting dalam memajukan prestasi olahraga nasional agar dapat diketahui dan didukung oleh masyarakat luas,” ucapnya ketika membacakan sambutan Wali Kota Balikpapan.

Oleh karena itu, pihaknya mengajak kepada semua pihak dan seluruh masyarakat kota Balikpapan agar bersinergi mendorong prestasi olahraga nasional khususnya dengan memberdayakan bibit-bibit atlet lokal yang lahir melalui pembinaan yang terencana terukur dan berkesinambungan oleh masing-masing pengurus cabang olahraga.

“Saya juga mengajak kepada kita semua untuk mensukseskan sejumlah kegiatan dalam rangka menuju peringatan Haornas. Kemudian beberapa kegiatan lomba lari 10K, festival Perahu Layar Sandeq yang berlabuh di pantai Manggar pada 9 September nanti,” sebut Muhaimin. ###