Jelang Pilkada 2024, Pj Bupati PPU Minta ASN Harus Netral
Penajam

Jelang Pilkada 2024, Pj Bupati PPU Minta ASN Harus Netral

  • Seluruh ASN harus netral, menjaga kondusifitas, serta menciptakan pemilu yang damai, aman, dan sejuk agar terpilih pemimpin terbaik untuk PPU.
Penajam
Is Wahyudi

Is Wahyudi

Author

PENAJAM – Tahapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 terus berlangsung. Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Muhamad Zainal Arifin menekan beberapa hal yang harus menjadi perhatian seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten PPU. 

Zainal Arifin menekankan pentingnya netralitas ASN dalam menghadapi masa kampanye dan pemilu.

"Seluruh ASN harus netral, menjaga kondusifitas, serta menciptakan pemilu yang damai, aman, dan sejuk agar terpilih pemimpin terbaik untuk PPU," tegasnya pada Selasa 1 Oktober 2024.

Zainal Arifin juga mengingatkan bahwa ASN rentan terjebak dalam politik praktis, terutama ketika masa kampanye mulai berlangsung. Oleh karena itu, netralitas ASN menjadi krusial untuk memastikan stabilitas daerah selama pesta demokrasi.

"Mari bersama-sama menciptakan situasi daerah yang tenang dan damai," ajaknya kepada seluruh jajaran pemerintah.

BACA JUGA:

Selain menyoroti pentingnya netralitas, Zainal Arifin juga meminta agar seluruh pegawai ASN maupun tenaga honorer yang berhubungan langsung dengan pelayanan publik terus menggelorakan semangat "Benuo TAKA." Ia menjelaskan bahwa TAKA merupakan akronim dari Transparan, Akuntabel, Kompeten, dan Adaptif, nilai-nilai yang harus dijunjung tinggi dalam menjalankan tugas pemerintahan.

"Transparansi sangat penting, terutama dalam pengelolaan keuangan yang bersumber dari rakyat dan untuk kepentingan rakyat," tambahnya.

Kemudian kompetensi dan tanggung jawab dalam setiap tugas yang dijalankan ASN, agar setiap pegawai mampu melaksanakan tugasnya dengan baik dan profesional.

"Dimanapun kita ditempatkan, kita harus selalu memantaskan diri dan meningkatkan kompetensi," pungkas Zainal Arifin. (Adv/Diskominfo PPU)