Jelang Rakernas Apeksi XVII-2024, Pemkot dan Forkopimda Balikpapan Gelar Rakor
Kabar Ibu Kota

Jelang Rakernas Apeksi XVII-2024, Pemkot Balikpapan Gelar Rakor

  • Melalui rapat persiapan ini, diharapkan Forkopimda dapat memberikan saran dan masukan yang berharga untuk kelancaran pelaksanaan Apeksi XVII.
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN – Persiapan matang terus dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan dalam menyambut Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) ke-XVII yang akan berlangsung di Kota Minyak ini. Salah satunya adalah dengan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Auditorium Balai Kota Balikpapan pada Rabu 8 Mei 2024.

Rakor dipimpin langsung oleh Wali Kota Balikpapan H. Rahmad Mas’ud S.E., M.E., didampingi Asisten I Bidang Tata Pemerintahan Sekretariat Kota Balikpapan, Drs. Zulkipli M.Si., dan Direktur Eksekutif Apeksi, Alwis Rustam.

Wali Kota Balikpapan Rahmad mas’ud mengatakan tujuan rakor ini untuk membahas persiapan Apeksi XVII secara komprehensif.

“Alhamdulillah, hari ini kita masih diberikan kesehatan sehingga bisa berkumpul di sini untuk membahas persiapan kegiatan Apeksi XVII tahun 2024 di Kota Balikpapan agar kegiatan berjalan lancar dan aman,” ungkap Wali Kota membuka rakor.

Melalui rapat persiapan ini, diharapkan Forkopimda dapat memberikan saran dan masukan yang berharga untuk kelancaran pelaksanaan Apeksi XVII.

“Apalagi pada Juni 2024 ada beberapa kegiatan besar di Kota Balikpapan, salah satunya penutupan Latsitarda Nusantara. Para kepala daerah dari seluruh Indonesia juga akan datang ke Balikpapan untuk menghadiri Apeksi,” tutur Wali Kota.

BACA JUGA:

Asisten I Setdakot Balikpapan, Zulkipli, memaparkan secara detail rangkaian kegiatan Apeksi XVII yang akan dilaksanakan mulai 1 hingga 6 Juni 2024. 

Dengan mengangkat tema “Kota Sejahtera Indonesia Maju”, Apeksi XVII diharapkan dapat mendorong kemajuan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di seluruh kota di Indonesia.

“Jumlah peserta yang akan hadir dalam Apeksi XVII mencapai 98 kota dari seluruh Indonesia. Kegiatan ini sejalan dengan arahan dari pemerintah pusat untuk memajukan perekonomian,” kata Zulkipli.

Beberapa kegiatan utama yang akan dilaksanakan dalam Apeksi XVII antara lain: Sidang Rakernas Apeksi; Indonesia City Expo; Youth City Changers; Gala Dinner Apeksi.

“Youth City Changers akan dilaksanakan pada 1 sampai 3 Juni 2024 di Hotel Novotel Balikpapan,” sebut Zulkipli.

Selanjutnya, Sidang Rakernas Apeksi akan dilaksanakan pada 4 sampai dengan 6 Juni 2024 di Gedung BSCC Dome Balikpapan. 

“Festival Seni Budaya juga akan turut memeriahkan kegiatan Apeksi yang akan dilaksanakan pada 4 sampai 6 Juni 2024 di Dome,” ujarnya.

Direktur Eksekutif Apeksi, Alwis Rustam, menyampaikan terima kasih kepada Pemkot Balikpapan atas kesediaannya menjadi tuan rumah Apeksi XVII tahun 2024.

“Pada hari pertama Apeksi, kita akan mengundang tokoh nasional dan Walikota Surabaya sebagai Ketua Umum. Diperkirakan sekitar 200-400 orang akan datang ke Balikpapan,” imbuh Alwis.

Rakor ini menjadi bukti komitmen kuat Pemkot Balikpapan dan Forkopimda dalam menyukseskan Apeksi XVII. 

“Diharapkan Apeksi XVII dapat menjadi momentum penting untuk memperkuat sinergi dan kolaborasi antar kota di Indonesia dalam mewujudkan visi dan misi bersama untuk membangun kota yang sejahtera dan Indonesia yang maju,” tutupnya. (*)