Halda Arsyad
Kabar Ibu Kota

Kalimantan Timur Raih Penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik

  • Penghargaan diberikan Kementerian PAN RB 

Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

IBUKOTAKINI.COM - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB) memberikan penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2020 dalam proyek perubahan yang digagas Dinas Kependudukan dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A). Program tersebut ialah inovasi Ojek Online Bersama Lindungi Anak (Ojol Berlian).

"Ini berkat kerja semua pihak, tak terkecuali kreatifitas Siti Mahmudah Indah Kurniawati, reformer inovasi tersebut. Diharapkan membantu program perlindungan anak memanfaatkan Ojol," kata Kepala DKP3A Kaltim, Halda Arsyad dalam keterangan resmi.

Kaltim berhasil masuk Top 99 urutan ke 38 dari 99 peserta terpilih dan diposisi ke 14 dari 17 provinsi terpilih. Perolehan ini memotivasi seluruh ojol untuk peduli terhadap pentingnya perlindungan bagi anak. Dia berharap program ini terus terlaksana dengan baik dan lancar.

Ojol Berlian merupakan mekanisme yang dibangun untuk menanggulangi permasalahan kekerasan terhadap anak, perempuan dan penyandang disabilitas di Kota Samarinda, khususnya layanan jasa transportasi online yang melibatkan rider maupun driver.

Sehingga para rider dan driver online menjadi agen pelopor dan pelapor segala tindak kekerasan terhadap anak yang terjadi di sekitarnya.

Dikembangkannya mekanisme ini, diharapkan setiap unsur di sekolah dan masyarakat memiliki tiga langkah, yaitu AKU TAHU (mengetahui informasi yang benar tentang kekerasan terhadap anak), AKU MAU (termotivasi mengambil peran mencegah dan merespon kekerasan terhadap anak), AKU MELAKUKAN (aksi nyata untuk mencegah dan merespon kekerasan terhadap anak).