Kaltim Aktifkan Isoter
Kabar Ibu Kota

Kaltim Aktifkan Isoter

  • IBUKOTAKINI.COM – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur mulai mengoperasikan tempat isolasi terpusat (isoter) untuk merespon kenaikan kasus Covid-19. Isoter
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur mulai mengoperasikan tempat isolasi terpusat (isoter) untuk merespon kenaikan kasus Covid-19. 

Isoter yang mulai dioperasikan ialah  Kompleks Stadion Madya Sempaja Samarinda yang mampu menampung 384 pasien. Plt Kepala Dinas Kesehatan Masitah, mengatakan, pengoperasian isoter dilakukan mengingat perkembangan Covid-19 cenderung tak mengalami penurunan dalam sepekan terakhir. 

“Maka, berbagai upaya pun dilakukan untuk mengatasinya, termasuk kesiapan lokasi dan tempat isoter di Kompleks Stadion Madya Sempaja Samarinda mulai 18 Februari 2022," ucap Masitah dalam keterangan, Kamis 17 Februari 2022.

Menurut Masitah, saat ini dalam proses penyiapan mulai dari kapasitas SDM Kesehatan (SDMK). Sekarang yang sudah ada baru 50 persen peralihan dari isoter BPSDM siap untuk bekerja. Sarana dan prasarana sedang dipenuhi sesuai ketersediaan SDMK.

"Yang jelas, segera operasional," jelasnya.

Sementara Isoter Stadion Sempaja terdiri gedung dua unit berkapasitas kamar 192 unit dan tempat tidur 384 unit.

Sementara, tahap awal perkiraan 50 pasien, akan dioperasionalkan tenaga medis dan diluar medis sebanyak 22 orang.

Tempat tidur disiapkan 50 bed dengan sarana pendukung lainnya alat kesehatan, obat-obatan dan sarana prasarana kesehatan.

Kadispora Kaltim Agus Tianur ketika meninjau fasilitas karantina bagi pasien Covid bersama Kasatpol PP Kaltim Gede Yusa menjelaskan Isoter Sempaja siap dioperasionalkan.

"Segala sesuatunya siap. Setiap kamar ada dua bed, plus AC juga. Yang jelas, besok siap dioperasionalkan," pungkasnya.