Sejumlah pengunjung bertransaksi di sebuah teman UMKM dalam pameran pelaku usaha kecil dan menengah di Balikpapan. Pemprov Kaltim menggelar Kaltim Expo menyambut gelaran Festival Budaya Internasional 2024 yang akan berlangsung sampai 30 Juli 2024.
Samarinda

Kaltim Expo 2024 Diikuti 117 Pelaku Usaha

  • Kaltim Expo 2024 diharapkan mampu meningkatkan transaksi dan mempromosikan produk unggulan daerah.
Samarinda
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

IBUKOTAKINI.COM - Kaltim Expo 2024 resmi dibuka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Provinsi Kaltim, Syirajudin, di Convention Hall Samarinda, Gelora Kadrie Oening Samarinda, Jalan Wahid Hasyim Samarinda, pada Sabtu, 27 Juli 2024. 

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan transaksi dan memperkenalkan produk unggulan dari berbagai daerah di Kalimantan Timur.

Dalam pesan tertulisnya, Penjabat Gubernur Kalimantan Timur, Akmal Malik, menekankan pentingnya transaksi dalam acara ini. 

"Yang paling penting itu adalah transaksinya. Jadi, jangan sekedar dikunjungi," katanya. Untuk mencapai tujuan ini, perangkat daerah serta pemerintah kabupaten dan kota diimbau untuk menawarkan produk unggulan mereka.

Selain itu, Pemprov Kaltim juga terus mendorong sektor pariwisata Benua Etam agar lebih dikenal dunia. "Menyukseskan sektor wisata tidak bisa sendiri-sendiri, harus berkolaborasi. Ini yang terus dibangun. Berkolaborasi, tidak bekerja sendiri-sendiri," pesan Akmal Malik.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur juga memberikan perhatian besar terhadap pengembangan UMKM. Produk-produk UMKM dari Kalimantan Timur diharapkan memiliki daya saing yang tinggi sehingga mampu bersaing di pasar internasional. 

"Ke depan, pelaku usaha kita dorong untuk meningkatkan kemasan dan pemasarannya," jelasnya. Melalui Kaltim Expo, produk UMKM Kaltim diharapkan dapat bersaing di mancanegara.

Kaltim Expo 2024 kali ini bersamaan dengan event internasional, yaitu East Borneo International Folklore Festival (EBIFF) 2024 yang dipusatkan di Gelora Kadrie Oening dan Eks Bandara Temindung Samarinda. 

Acara ini dihadiri oleh enam negara, yaitu Amerika Serikat, Bulgaria, Polandia, Jepang, Korea Selatan, dan Mesir. "Kami harap mereka bisa mengunjungi Kaltim Expo, sehingga bisa mengenal produk kita," harap Akmal Malik.

Kepala DPMPTSP Kaltim, Fahmi Prima Laksana, menjelaskan bahwa Kaltim Expo berlangsung dari 26 hingga 30 Juli 2024. 

"Ada 117 stand dan berbagai kegiatan seperti lomba, parade, dan fashion show dengan tujuan mengenalkan potensi Kaltim," jelasnya.

Pemprov Kaltim mengapresiasi seluruh OPD Provinsi Kaltim, BUMD, BUMN, Pemkab, dan Pemkot se-Kaltim serta pelaku usaha yang berpartisipasi menyukseskan Kaltim Expo 2024. 

Dengan kolaborasi dan partisipasi semua pihak, Kaltim Expo diharapkan dapat menjadi ajang yang sukses dalam mempromosikan dan meningkatkan transaksi produk-produk unggulan dari Kalimantan Timur. ***