Penyerahan bantuan APD dari Kemenkes kepada Pemerintah Propinsi Kaltim
Kabar Ibu Kota

Kaltim Kembali Terima Bantuan APD dari Kemenkes

  • Kemenkes kirimkan bantuan APD ke tujuh kali  

Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

IBUKOTAKINI.COM – Pemerintah Provinsi Kaltim menerima bantuan alat pelindung diri (APD) DARI Kementerian kesehatan. Perlengkapan untuk para tenaga medis dibungkus dalam 95 koli sebanyak 4.950 pieces baju pelindung. Bantuan itu tiba di Balikpapan Rabu (6/5/2020) dengan pesawat Hercules TNI Angkatan Udara.

Bantuan tersebut, diserahkan Dandim 0905 Balikpapan Kolonel I Gusti Agung Putu Sujarnawa mewakili Kodam VI Mulawarman kepada Direktur Rumah Sakit Kanudjoso Djatiwibowo Balikpapan Eddy Iskandar  yang mewakili Pemerintah Provinsi Kaltim.

“Sekali lagi ini menunjukkan pemerintah pusat selalu hadir untuk memberikan penanganan yang terbaik untuk membantu kita Gugus Tugas yang ada di daerah,” kata I Gusti Agung Putu Sujarnawa. “Dengan bantuan APD yang ke 7 ini kita berharap tenaga medis maupun tenaga-tenaga yang ada di lapangan bisa menjalankan tugas lebih efektif dan maskimal.”

Putu Sujarnawa berpesan kepada masyarakat untuk mentaati seluruh imbauan dari Pemerintah sehingga wabah covid-19 bisa tertangani dengan baik. “Saya sekali lagi menghimbau kepada masyarakat ayo kita sama-sama disiplin sehingga wabah ini bisa kita atasi,”ajaknya.

Sementara Direktur Rumah Sakit Kanudjoso Eddy Iskandar mengatakan, bantuan APD tersebut, akan diistribusikan ke Dinas Kesehatan Kota dan Kabupaten yang selanjutnya dislaurkan ke rumah sakit . “Jadi rumah sakit yang melayani pasien covid-19 tidak ada lagi kekurangan APD. Jika kurang segera meminta lagi ke Dinas Kesehatan masing-masing,” ujarnya.

Dia berharap tidak ada lagi tenaga medis menyampaikan keluhan di media sosial. “Karena bantuan itu datang hampir dua kali seminggu,” ujarnya. Kepada tenaga medis di rumah sakit maupun di pelayanan yang lain yang membutuhkan APD, bisa berhubungan dengan Dinas Kesehatan setempat.

Pada kesempatan sama, Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud berharap bantuan APD tersebut akan membantu tugas para medis untuk  penanganan pasien covid-19. “Dengan APD ini, para tenaga medis yang berada di garda terdepan dalam melawan Covid-19 semakin terlindungi,” harapnya. Karena itu, ia berharap wabah ini segera berakhir.