Salah satu produk unggulan kerajinan Kaltim dipamerkan di Bandara Internasional Soekarno Hatta
Kabar Ibu Kota

Kaltim Pamerkan Produk Unggulan di Bandara Soekarno Hatta

  • IBUKOTAKINI.COM – Menyambut kedatangan delegasi G20 dari berbagai negara. Provinsi Kalimantan Timur ikut memamerkan produk unggulan dan kerajinan seni budaya da
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM – Menyambut kedatangan delegasi G20 dari berbagai negara. Provinsi Kalimantan Timur ikut memamerkan produk unggulan dan kerajinan seni budaya dari 34 provinsi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Kepala Badan Penghubung Provinsi Kaltim Raihan Fida Nuzband mengatakan bahwa Kaltim ditunjuk sebagai koordinator untuk menata dan menampilkan produk kerajinan seni budaya di terminal 3 Banda Soekarno-Hatta. 

“Disinilah kesempatan kita untuk memperkenalkan produk kerajinan dari 10 kabupaten/kota di Kaltim, termasuk daerah-daerah dari 33 provinsi lainnya di tanah air,” jelas Fida saat mendampingi Pj Sekdaprov Kaltim Riza Indra Riadi mengikuti International Seminar Road to G20, di Hotel Mercure City Center, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (24/2/2022).

Menurutnya, produk kerajinan dan seni budaya Indonesia yang dipertunjukkan kepada para delegasi G20 di Terminal 3 antara lain kerajinan/produk kain dari berbagai daerah di kabupaten dan kota termasuk berbagai kerajinan tangan seperti anyaman bambu, ukiran kayu, tenun sarung dan sebagainya. 

Selain di Bandara Soekarno-Hatta, lanjut Fida, produk kerajinan unggulan dari 34 provinsi juga dipamerkan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, di mana pada November mendatang Bali menjadi penyelenggara pelaksanaan G20 tahun 2022.

"Ada beberapa titik di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali juga disebar produk kerajinan unggulan dari berbagai daerah di tanah air, termasuk produk kerajinan dari Kaltim kita tonjolkan di sana," ujarnya.

Fida menambahkan pameran produk kerajinan maupun seni budaya unggulan dari 34 provinsi merupakan kolaborasi Bandara Soekarno-Hatta dengan Forum Komunikasi Pemerintah Penghubung Seluruh Indonesia (Forkappsi) untuk menampilkan dan memperkenalkan kepada para delegasi G20 berbagai kerajinan.

"Area untuk menampilkan produk kerajinan dan seni budaya ini berada di jalur kedatangan para delegasi G20. Dan apa yang kita pamerkan mendapat antusias para delegasi G20. Dan terlihat mereka sangat tertarik akan kerajinan yang ditampilkan berasal dari daerah-daerah di tanah air," imbuh Fida.