Proyek perluasan Kilang Pertamina Balikpapan masih menjadi salah satu aktor penggerak investasi di Kalimantan Timur. Foto: Pertamina
Bisnis

Kaltim Perkuat Ekonomi Melalui Penghiliran Industri dan Permudah Informasi Investasi

  •   IBUKOTAKINI.COM- Pemerintah Kalimantan Timur menyatakan akan terus melakukan penghiliran industri sebagai upaya pamungkas memperkuat perekonomian.&n
Bisnis
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM- Pemerintah Kalimantan Timur menyatakan akan terus melakukan penghiliran industri sebagai upaya pamungkas memperkuat perekonomian. 

Provinsi berjuluk Benua Etam itu, sudah lama menggantungkan perekonomian dari sektor ekstraktif, seperti batu bara dan minyak bumi. 

Sejalan dengan kebijakan pemerintah pusat yang terus dorong penguatan ekonomi daerah melalui peningkatan nilai tambah komoditas yang dimiliki, Kaltim terus berupaya melakukan penghiliran industri.

“Pengembangan hilirisasi adalah strategi dalam penguatan pertumbuhan perekonomian ke depan yang saat ini masih didominasi sektor migas dan batu bara. Secara perlahan, kita tengah mempersiapkan sektor lain selain migas dan batu bara untuk lebih kuat lagi,” kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kalimantan Timur Puguh Harjanto seperti dikutip dalam pernyataan resmi, Jumat 30 Desember 2022. 

BACA JUGA:

Hilirisasi industri yang dimaksud ialah di sektor pertanian, pariwisata, kawasan ekonomi khusus (KEK), dan industri. Seiring dengan melimpahnya Sumber Daya Alam (SDA) yang Kaltim miliki, pemerintah terus optimis untuk dapat mencapai kemajuan ini dengan terus mendorong investasi dalam negeri.

Puguh Harjanto menyebut implementasi penyelenggaraan perizinan melalui 2 aplikasi yakni Online Single Submission Risk Based Approach (OSS RBA) atau Perizinan OSS Berbasis Risiko serta Aplikasi Perizinan Daerah besutan DPMPTSP Provinsi Kaltim yakni e-PTSP.

Dengan adanya aplikasi tersebut, proses penyelenggaraan izin dapat lebih mudah, transparan dan terintegrasi. Kemudahan layanan informasi terkait investasi di Kaltim ini dapat diraih dalam genggaman melalui smartphone. Adapun bentuk-bentuk informasinya diantaranya adalah profil investasi, mapping dan market investasi serta kabar investor. ###