Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik, menerima  penghargaan SPM Award 2024 dari Kemendagri.
Kabar Ibu Kota

Kaltim Raih Penghargaan Provinsi Terbaik SPM Awards 2024

  • SPM Awards bertujuan mendorong pelaksanaan penerapan standar pelayanan publik di daerah.
Kabar Ibu Kota
Is Wahyudi

Is Wahyudi

Author

SAMARINDA - Kaltim kembali menorehkan prestasi membanggakan di kancah nasional. Kali ini, Benua Etam meraih penghargaan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Awards Tahun 2024 kategori Provinsi Terbaik di Indonesia.

Penghargaan ini diserahkan Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo kepada Penjabat Gubernur Kaltim Akmal Malik di Hotel Bidakara Jakarta, Rabu (24/4/2024).

Prestasi ini menjadi bukti komitmen Kaltim dalam meningkatkan pelayanan dasar bagi masyarakat. Di antara lima nominator peraih penghargaan SPM Awards 2024, Kaltim berhasil menyisihkan Provinsi Jawa Tengah dan Sulawesi Selatan, dan meraih peringkat ketiga bersama Jawa Barat di bawah Jawa Timur yang menduduki peringkat kedua.

Pj Gubernur Akmal Malik menyampaikan rasa syukur dan bangganya atas prestasi yang diraih Kaltim. "Penghargaan ini membanggakan dalam memberikan pelayanan dasar," ujarnya.

BACA JUGA:

Lebih lanjut, Akmal menjelaskan bahwa SPM Awards bertujuan mendorong pelaksanaan penerapan SPM di daerah. Ia pun berharap penghargaan ini dapat memotivasi seluruh aparatur pemerintah di Kaltim, mulai dari tingkat provinsi hingga kabupaten/kota, untuk terus memberikan pelayanan dasar terbaik bagi masyarakat.

Akmal menekankan bahwa SPM mencakup berbagai bidang, seperti pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum, perumahan rakyat, trantibumlinmas, dan sosial. "Pelayanan dasar ini diharapkan mampu meningkatkan indeks pembangunan manusia dan kesejahteraan masyarakat," harapnya.

Akmal tak lupa menyampaikan apresiasinya kepada seluruh jajaran Pemerintah Provinsi Kaltim, khususnya Sekretaris Daerah dan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), atas kerja keras dan kolaborasi yang berbuah prestasi membanggakan ini.

Ia juga mengingatkan agar ke depan, Pemprov Kaltim terus membenahi proses perencanaan, penganggaran, dan implementasi pelayanan dasar kepada masyarakat. Hal ini untuk mendorong peningkatan kinerja SPM dan mewujudkan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kaltim.

BACA JUGA:

Sementara itu, Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo mengungkapkan bahwa berdasarkan hasil monitoring, secara umum terjadi tren peningkatan nilai indeks rata-rata kinerja SPM di tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

Namun, Wetipo mengakui masih terdapat kendala dan masalah yang menyebabkan belum optimalnya pelaksanaan kinerja SPM. Salah satunya adalah masih ada daerah yang belum mencapai realisasi sesuai target yang ditetapkan dalam dokumen perencanaan.

Wetipo menuturkan bahwa tahun 2023 merupakan tahun kelima penerapan SPM. Sistem pelaporan pun telah diperbaharui, tidak hanya dalam bentuk buku laporan, tetapi juga melalui aplikasi pelaporan e-SPM.

Penghargaan SPM Awards 2024 ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi seluruh daerah di Indonesia untuk terus meningkatkan kinerja SPM dan memberikan pelayanan dasar terbaik bagi masyarakat. ***