Kantor Pelni Cabang Balikpapan Diresmikan pada Rabu 9 Oktober 2024
Ekbis

Kantor Pelni Cabang Balikpapan Diresmikan

  • Hingga Agustus, Pelni telah melayani sekitar 4,2 juta penumpang, dengan rute yang paling ramai dari Pelabuhan Semayang Balikpapan, tidak hanya pada akhir pekan, tetapi juga pada hari-hari biasa.
Ekbis
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN – Kantor PT Pelni Cabang Balikpapan yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso Diresmikan setelah menyelesaikan tahap renovasi diselesaikan pada Juli 2024 lalu. Peresmian dilakukan langsung oleh Direktur Utama PT Pelni, Tri Andayani, dengan didampingi oleh Kepala Cabang Pelni Balikpapan, Djasman, serta sejumlah stakeholder lainnya.

Acara peresmian ini ditandai dengan pemotongan pita oleh Tri Andayani sebagai simbol rampungnya renovasi yang dimulai sejak Oktober 2023 dan selesai pada Mei 2024. Renovasi ini merupakan bagian dari komitmen PT Pelni untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, sejalan dengan perubahan logo perusahaan pada Mei 2023 lalu.

"Sebagai komitmen kami dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, kantor-kantor Pelni yang sudah tidak representatif untuk melayani penumpang akan direnovasi. Dari 44 kantor cabang Pelni di seluruh Indonesia, Balikpapan menjadi cabang ke-4 yang direnovasi secara bertahap," terang Tri Andayani pada Rabu sore, 9 Oktober 2024. 

Tri Andayani menyebut bahwa sepanjang tahun 2024, pelayanan Pelni mengalami peningkatan sebesar 8-9 persen. Hingga Agustus, Pelni telah melayani sekitar 4,2 juta penumpang, dengan rute yang paling ramai dari Pelabuhan Semayang Balikpapan, tidak hanya pada akhir pekan, tetapi juga pada hari-hari biasa.

Kantor Pelni Cabang Balikpapan Diresmikan, Dirut PT Pelni Minta Tingkatkan Pelayanan 

Selain itu, PT Pelni berencana menambah tiga kapal baru untuk mengakomodir kebutuhan logistik yang semakin meningkat, terutama dengan adanya Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Menurut Tri, penambahan kapal baru ini diperlukan untuk menggantikan kapal-kapal tertua di armada Pelni, seperti Umsini, Lawid, dan Kelimutu, yang telah beroperasi selama 39 tahun.

"Saat ini kami memiliki 26 kapal, sedangkan kebutuhan idealnya adalah 39 kapal, sehingga masih banyak wilayah yang belum terjangkau oleh kapal Pelni. Oleh karena itu, kami secara bertahap akan menambah jumlah kapal," ungkap Tri.

Sementara itu, Kepala Cabang Pelni Balikpapan, Djasman, menyatakan bahwa pelabuhan Semayang Balikpapan telah memberangkatkan sekitar 163 ribu penumpang hingga triwulan III-2024 menggunakan kapal-kapal seperti Labobar, Lambelu, dan Bukit Siguntang. 

Kantor Pelni Cabang Balikpapan Diresmikan, Dirut PT Pelni Minta Tingkatkan Pelayanan 

Dengan rencana penambahan kapal baru, Djasman berharap rute Balikpapan-Surabaya dan Balikpapan-Jakarta dapat ditingkatkan untuk mendukung mobilisasi yang semakin padat di masa depan.

"Kami berharap, dengan adanya IKN dan penambahan kapal baru, rute pelayaran dari Balikpapan bisa diperbanyak, karena mobilisasi akan semakin ramai. Selain itu, kami juga terus berinovasi untuk meningkatkan kenyamanan calon penumpang, termasuk melalui aplikasi Pelni Mobile yang memudahkan pembelian tiket," ujar Djasman.

Dalam kesempatan yang sama, Djasman juga menekankan pentingnya para pekerja Pelni untuk lebih optimal dalam memberikan pelayanan kepada penumpang. 

“Terutama dengan adanya fasilitas dan inovasi baru yang diharapkan dapat meningkatkan kepuasan penumpang,” pungkasnya. ***