Tangkapan layar insiden ponton batubara menabrak kapal kayu di Muara Pahu.
Kabar Ibu Kota

Kapal Ponton Muatan Batu Bara Tabrak Kapal Pasar Malam Barokah di Perairan Muara Pahu

  • Tidak ada laporan korban jiwa akibat insiden itu.
Kabar Ibu Kota
Hadi Zairin

Hadi Zairin

Author

IBUKOTAKINI.COM — Sebuah insiden kecelakaan laut terjadi di perairan Muara Pahu, Kabpaten Kutai Barat, Rabu, 11 September 2024. 

Peristiwa yang terjadi sekitar pukul 17.00 Wita, melibtkan sebuah kapal ponton yang membawa muatan batu bara menabrak kapal pasar malam bernama Barokah. 

Belum diketahui adanya laporan korban jiwa akibat insiden ini. Namun sejumlah kerusakan dilaporkan menimpa kapal kayu milik warga. 

Berdasarkan video yang beredar luas di sosial media, terlihat sejumlah warga berlarian dari kapal kayu yang difungsikan sebagai pasar malam. 

“Kapal Ponton Muatan Batubara tabrak kapal pasar malam Barokah, kejadian sekitar pukul 17.00 WITA di Perairan Muara Pahu,” bunyi keterangan video itu. 

Terlihat buritan Ponton yang membawa batubara menyenggol kapal kayu   dan beberapa kapal nelayan dan perahu kecil yang sedang sandar.

Kapal ponton yang membawa muatan batu bara dan ditarik sebuah tugboat tersebut tampak hilang kendali saat mendekati kapal pasar malam Barokah yang sedang beroperasi di area tersebut. 

Benturan cukup keras terjadi, mengakibatkan kapal pasar malam ikut terseret. Beberapa kapal nelayan ikut larut.

“Memang sering kejadian di tikungan Muara Pahu itu," kata seorang pengguna Instagram. Warga lain menyebut Ponton itu ditarik oleh tugboat Danny.

“TB Danny ini pangkalannya dekat dengan Jembatan Mahkota 2,” tulis @mhmadzakaria***. 

Warga menyebut biasanya kecelakaan yang melibatkan Ponton batubara diselesaikan secara kekeluargaan. Pemilik Ponton akan mengganti biaya kerusakan yang ditimbulkannya. ***