Karnaval Budaya Nusantara Usung Tema Menyosong IKN
Kabar Ibu Kota

Karnaval Budaya Nusantara Usung Tema Menyongsong IKN

  • Karnaval Budaya Nusantara diawali dengan penampilan tarian kolosal, seperti Tari Gantar, Tari Mahligai, dan Tari Perang Buldog.
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN - Semarak Karnaval Budaya Nusantara mewarnai Kota Balikpapan dalam rangka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XVII tahun 2024. Acara yang berlangsung pada Rabu (5/6/2024) ini menampilkan kolaborasi budaya Nusantara yang memukau dari 6.500 peserta perwakilan 65 kota di seluruh Indonesia.

Sebagai tuan rumah, Balikpapan mengusung tema "Menyongsong Ibu Kota Nusantara" dalam karnaval ini. Seluruh delegasi Balikpapan mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Sabang sampai Merauke. Semangat persatuan dan Bhinneka Tunggal Ika terpancar dalam perhelatan yang meriah ini.

Penampilan Memukau dan Atraksi Budaya

Karnaval Budaya Nusantara diawali dengan penampilan tarian kolosal, seperti Tari Gantar, Tari Mahligai, dan Tari Perang Buldog. Para peserta, yang terdiri dari siswa-siswi dan sanggar seni tari di Balikpapan, menampilkan performa terbaiknya diiringi musik tradisional yang merdu.

BACA JUGA:

Penutupan Jalan dan Arus Lalu Lintas

Untuk kelancaran acara, Pemerintah Kota Balikpapan memberlakukan penutupan jalan di beberapa ruas, antara lain Jalan Manuntung CBD dan Jalan Ruhui Rahayu I. Start karnaval dimulai di depan Taman Tiga Generasi ke PDAM, Kantor OPD, hingga menuju BSCC Dome.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Balikpapan, Irfan Taufik, menjelaskan bahwa penutupan jalan ini dilakukan untuk memastikan keamanan dan kelancaran acara. 

“Petugas lalu lintas disiagakan untuk mengalihkan arus kendaraan dan membantu masyarakat yang ingin menuju ke lokasi lain,” katanya pada Konferensi Pers di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Balikpapan pada Senin 3 Juni 2024.

Ia menjelaskan Karnaval Budaya Nusantara bukan hanya sekadar pertunjukan seni budaya, tetapi juga menjadi ajang promosi potensi daerah dan mendorong perekonomian lokal.

“Para peserta memamerkan produk-produk unggulan daerah mereka, seperti batik, kerajinan tangan, dan kuliner khas daerah,”

Selain Karnaval Budaya Nusantara, Rakernas APEKSI 2024 juga dimeriahkan dengan gelaran Indonesia City Expo (ICE) ke-20 yang diikuti oleh perwakilan kota-kota dari seluruh Indonesia, BUMN, BUMD, kementerian, lembaga, dan perusahaan swasta.

Sebagai informasi, Rakernas APEKSI ke 17 dibuka oleh Presiden Joko Widodo, sekaligus memberikan arahan pada Selasa 4 Juni 2024. (Adv/Diskominfo Balikpapan)