Pelaksanaan Antigen
Kabar Ibu Kota

Kasus Covid di Kaltim Melandai, Pemprov Tetap Ingatkan Prokes

  • IBUKOTAKINI.COM – Kasus Covid-19 di Kallimantan Timur mulai bergerak turun. Namun kewaspadaan terhadap penyebaran harus ditingkatkan. Pada Sabtu per 14 Agustus
Kabar Ibu Kota
Admin

Admin

Author

IBUKOTAKINI.COM – Kasus Covid-19 di Kallimantan Timur mulai bergerak turun. Namun kewaspadaan terhadap penyebaran harus ditingkatkan. Pada Sabtu per 14 Agustus 2021, suspek total 417.609 kasus (tambah 3.388 kasus), dan discarded/suspek negatif 275.901 kasus (tambah 2.001 kasus).

Dan hari ini pula, berdasarkan rilis Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kaltim, selain jumlah pasien sembuh dan selesai isolasi tinggi melampaui jumlah warga terpapar virus corona, juga kasus aktif berkurang.

Tercatat 626 kasus aktif berkurang, sehingga pasien masih dirawat 16.948 kasus. Sementara pasien sembuh dan selesai isolasi 1.728 kasus, jumlah keseluruhan sembuh 118.125 kasus. Sedangkan warga Benua Etam positif Covid-19 bertambah 1.168 kasus, sehingga total terkonfirmasi 139.464 kasus. Meninggal 66 kasus (total meninggal 4.391 kasus) dan masih proses 2.214 kasus.

Gubernur Kaltim H Isran Noor menjelaskan saat ini kasus Covid-19 di Kaltim mulai melandai, namun kewaspadaan terhadap penyebarannya harus ditingkatkan.

"Kita berharap Covid-19 terus melandai. Namun, saya selalu mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada. Jangan kendor, tetap taat serta mematuhi protokol kesehatan 5M," pesan Isran Noor saat bhakti sosial Forum Kerukunan dan Pemersatu Warga Grand Taman Sari (FKPW-GTS) di Rumah Aspirasi Warga Grand Taman Sari, Ahad (15/8/2021).

Mantan Ketua Umum Apkasi menyampaikan, kasus Covid-19 per Sabtu 14 Agustus kemarin lumayan melandai, yang terkonfirmasi positif hanya 1.168 kasus, yang meninggal juga menurun menjadi 66 pasien.

"Mudah-mudahan ini terus berlanjut. Dan lebih mengembirakan tingkat kesembuhan luar biasa mencapai rata-rata 2.000 setiap hari. Pasien di rawat juga berkurang. Mudahan menurunkan hunian BOR kita di seluruh rumah sakit dan pusat karantina di Kaltim," tandasnya.

Terkait melandainya kasus harian Covid-19, Isran Noor berharap masyarakat tetap menjaga dan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Saya minta tokoh-tokoh di lingkungan masyarakat tidak bosan-bosannya mengingatkan warganya agar terhindar dari penularan Covid-19," pesannya.

Kebijakan yang dilakukan pemerintah, jelas Isran, tujuannya agar masyarakat segera terbebas dari Covid-19, sehingga aktivitas kehidupan, sosial dan ekonomi masyarakat akan segera pulih kembali.

"Pemerintah sangat memahami yang dirasakan masyarakat ketika aktivitasnya dibatasi. Kesadaran masyarakat, itulah yang diharapkan pemerintah demi mewujudkan cita-cita kebersamaan mengurangi dan menghentikan penyebaran Covid-19, sekaligus mempercepat memulihkan perekonomian masyarakat," tutup Isran Noor.