Sosialisasi kelambu air di Kelurahan Sepinggan
Kabar Ibu Kota

Kasus DBD Bergerak Naik, Dua Upaya DKK Lakukan Pencegahan 

  • IBUKOTAKINI.COM - Jumlah kasus penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) Kota Balikpapan hingga kini mengalami kenaikan. Pasalnya, Provinsi Kalimantan Timur (
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM - Jumlah kasus penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) Kota Balikpapan hingga kini mengalami kenaikan. Pasalnya, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) masuk 10 besar  daerah yang angka kasus dbd nya mengalami kenaikan. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty, mengatakan dengan tingginya angka kasus dbd, Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim telah menyampaikan kabupaten dan kota untuk melakukan berbagai upaya pencegahan. 

"Salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah kota Balikpapan adalah sejak bulan Juli lalu, Wali Kota Balikpapan telah mengeluarkan Surat Edaran untuk melakukan kerja bakti massal, ditambah pemberantasan sarang nyamuk," terang Andi Sri Juliarty dalam kegiatan pemberian Larvasida di kawasan Kelurahan  Sepinggan dan Damai, pada Rabu, 28 September 2022. 

Surat Edaran yang dikeluarkan yang dikeluarkan, menurut perempuan yang akrab disapa Deo ini telah disosialisasikan ke RT, kelurahan, kecamatan dan sekolah. 

BACA JUGA:

"Kenyataannya jika bapak ibu ke rumah sakit sekarang di Unit Gawat Darurat (UGD) yang sudah dipenuhi anak-anak demam yang diduga dbd. Memang ada kecenderungan kasus meningkat. Tapi belum terlambat dalam pencegahan," katanya. 

Adapun langkah pencegahan yang dilakukan. Pertama, pembagian Larvasida, atau pembagian abate. Kedua, inovasi kelambu air. 

"Sebelum pandemi di Balikpapan Selatan sudah berhasil melakukan pencegahan dengan kelambu air. Sekarang Alhamdulillah pandemi turun, ayuk kembali upaya pencegahan dilakukan dengan kelambu air," ajaknya.

BACA JUGA:

Selain itu, ia pun berpesan kepada RT untuk menghubungi pemilih rumah kosong atau gedung untuk meminta kepada pemiliknya melakukan bersih-bersih rumahnya.

"Satu lagi dengan permasalahan dengan rumah atau gedung kosong. Mungkin pak rt menghubungi pemilik dihubungi untuk datang membersihkan rumahnya," tambahnya. 

Selanjutnya, apabila ada kasus demam segera ke Puskesmas atau klinik. ###