Kejuaraan Bulutangkis Wali Kota Cup Ajang Pencarian Atlet Berbakat
Kabar Ibu Kota

Kejuaraan Bulutangkis Wali Kota Cup Ajang Pencarian Atlet Berbakat

  • IBUKOTAKINI.COM – Ratusan peserta putra-putri dari berbagai daerah ikut serta mengikuti Kejuaraan Bulutangkis Wali Kota Cup Tahun 2023. Kejuar
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Ratusan peserta putra-putri dari berbagai daerah ikut serta mengikuti Kejuaraan Bulutangkis Wali Kota Cup Tahun 2023. Kejuaraan baru saja dibuka Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud  di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Balikpapan pada Senin (29/5/2023). 

Pembukaan ajang Bulutangkis Wali Kota Cup ini ditandai dengan pukulan bola oleh Wali Kota bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dan Ketua Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Balikpapan Alwi Al Qodri.

Wali Kota mengapresiasi panitia kejuaraan bulutangkis wali kota Balikpapan Open 2023. Karena salah satu upaya pembinaan atlet bulutangkis di Kota Madinatul Iman. 

“Turnamen ini memiliki arti strategis dalam mengembangkan bulutangkis menjadi salah satu cabang olahraga favorit masyarakat serta cabang olahraga yang menyumbangkan medali di berbagai kejuaraan tingkat regional maupun dunia,” ungkapnya. 

Yang terpenting menurutnya, adalah mengorganisir para atlet-atlet muda dan memberikan mereka kesempatan melalui pertandingan eksibisi, kejuaraan antarklub atau antar sekolah. Buat turnamen mini agar generasi saat ini, gen Z semakin tertarik dengan bulutangkis. 

BACA JUGA:

“Harapan kami melalui ajang ini bisa melahirkan pebulutangkis hebat. Tak hanya membawa nama Balikpapan, tapi juga Kaltim dan Indonesia,” harap beliau. 

Dalam kesempatan ini Wali Kota juga memberikan semangat peserta yang hadir dalam pembukaan untuk menjunjung tinggi sportivitas, dan raih prestasi setinggi mungkin. 

Sementara itu, Ketua PBSI Balikpapan Alwi Al Qadri menyebut, sekitar 500 peserta bakal ambil bagian pada edisi kedua turnamen ini. Di mana turnamen ini menjadi agenda tahunan.

“Ratusan atlet hadir dari berbagai asal. Mulai dari Pangkep, Banjarmasin, Balangan, Samarinda, Bontang, Kukar, Kutim, Penajam, Paser, Makassar, Solo bahkan Surabaya,” urai Alwi Al Qadri.

Namun jumlah tersebut tidak sebanding dalam edisi pertamanya yang hampir menembus seribu peserta. Hal ini karena faktor ujian sekolah menjadi salah satu dasar, jumlah peserta menurun.

Kendati demikian Alwi berharap, keberadaan turnamen ini menjadi ajang unjuk gigi atlet bulutangkis Balikpapan baik usia dini, remaja maupun taruna.

“Harapan kami, terlahir atlet-atlet terbaik dari Balikpapan. Karena saat ini sudah ada dua nama yang berjuang di kancah nasional,” tutup Alwi Al Qodri. ###