Kepala DP3AKB, Alwiati
Kabar Ibu Kota

Kelurahan Sumber Rejo Masuk dalam Penilaian Lomba Desa

  • IBUKOTAKINI.COM – Kelurahan Sumber Rejo, Kecamatan Balikpapan Tengah menjadi salah satu desa dan kelurahan yang mengikuti lomba tingkat nasional. Keluraha
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM – Kelurahan Sumber Rejo, Kecamatan Balikpapan Tengah menjadi salah satu desa dan kelurahan yang mengikuti lomba tingkat nasional. Kelurahan tersebut bersaing dengan 500 peserta yang diseleksi di Indonesia.

“Dan kelurahan Sumber Rejo mewakili Kota Balikpapan,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Balikpapan, Alwiati pada Senin, 19 September 2022.

Alwiati menjelaskan, Sumber Rejo sudah masuk dalam tiga besar untuk regional IV yang terdiri dari wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan dan Sumbawa. 

“Salah satunya komitmen Walikota untuk mewujudkan itu sudah sangat besar terbukti ada 22 pokdarwis di Kota Balikpapan, dan 22 Pokdarwis ini ke seluruhan bersumber dari pembedayaan masyarakat,” jelas Alwiati.

Ada juga kebijakan dari Pemerintah pusat one village one produk, setiap kelurahan ada satu prodak sebagai desa wisata dan Kota Balikpapan punya 22 pokdarwis unggulan yang ada di Kota Balikpapan.

BACA JUGA:

“Ini juga mendukung Balikpapan sebagai kota MICE, kemudian komitnen kota terkait penganggaran di dalam pemberdayaan masyarakat tidak semata-mata anggaran itu berasal dari anggaran pemkot tapi diupayakan anggaran dari CSR dan melalui keterlibatan masyarakat,” terang Alwiati.

Termasuk menggandeng masyarakat, akademisi dan adanya pelaku usaha serta media massa dilibatkan untuk mewujudkan desa wisata ini, hal ini menjadi poin-poin penting dalam penilaian.

“Harapan kami harus juara satu, kita baru masuk tiga besar. Ada beberapa penilaian kita poin tinggi dan optimis dipenilaian  kunjungan lapangan oleh tim penilaian juga bisa dapat nilai yang tinggi,” harapnya.

BACA JUGA:

“Yang dinilai bukan kampung kang bejonya saja tapi pokdarwis, prodak yang dihasilkan dan upaya dari pihak pendukungnya seperti Kelurahan, TP PKK, LPM Kelurahan, Kecamatan, serta Pemkotnya,” imbuhnya. 

Sebagai informasi, Kalimantan Timur (Kaltim) bersama dengan 10 Provinsi asal Pulau Kalimantan dan Pulau Sulawesi masuk dalam Regional III. Total 11 Provinsi yang mengirimkan perwakilan terbaik berdasarkan hasil seleksi berjenjang pada tingkatan kabupaten/kota kemudian berlanjut ditingkat provinsi. ###