Kembangkan Pariwisata Lokal, Kecamatan Samboja Manfaatkan Potensi Pantai
Kutai Kartanegara

Kembangkan Pariwisata Lokal, Kecamatan Samboja Manfaatkan Potensi Pantai

  • Dengan banyaknya destinasi wisata diwilayah Kecamatan Samboja, akan sangat membawa dampak positif terhadap peningkatan ekonomi terutama bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) lokal.
Kutai Kartanegara
Robi Sugiarto

Robi Sugiarto

Author

KUTAI KARTANEGARA - Pemerintahan Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara (Kukar), memanfaatkan Sumber Daya Alam (SDA) dengan mengelola pantai sebagai potensi pengembangan sektor pariwisata. Diketahui, Kecamatan Samboja merupakan wilayah pesisir dengan kekayaan alam yang melimpah ruah, yang cocok dijadikan sebagai lokasi pariwisata.

Melalui Camat Samboja, Damsik menyebutkan tumbuh kembangnya sektor pariwisata daerah pesisir didukung langsung oleh Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Kukar serta kaloborasi dengan kelompok sadar wisata (Pokdarwis).

“Sampai hari ini ada beberapa titik yang sudah dikelola oleh dinas pariwisata kukar dan pokdarwis,” ucap Damsik pada Sabtu 4 Mei 2024. 

Ia menyebutkan, di Kecamatan Samboja hampir seluruh Kelurahannya memanfaatkan SDA dengan mengelola pantai sebagai sektor pariwisata.

BACA JUGA:

“Mulai dari Kelurahan Tanjung hingga Kelurahan Muara Sembilang, memiliki wisata pantai,” terangnya

Dia juga mengungkapkan, dengan banyaknya destinasi wisata diwilayah Kecamatan Samboja, akan sangat membawa dampak positif terhadap peningkatan ekonomi terutama bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) lokal.

“Setiap ada lokasi wisata pasti ada UMKM lokal yang menjajakan dagangannya di daerah tersebut,” sebutnya

Terakhir, Damsik berkomitmen, pihaknya akan terus mengkoordinasikan pengembangan wisata ke pemerintah daerah agar dapat lebih berkembang secara optimal

"Kami terus melakukan koordinasi dengan pihak terkai, untuk mendukung kemajuan sektor pariwisata di Samboja," ujarnya. (ADV/DISKOMINFO-KUKAR)