Kembangkan Pertanian dan Peternakan, Petratonik Jadi Lokasi Studi Banding pada Kamis (22/6/2023)
Kabar Ibu Kota

Kembangkan Pertanian dan Peternakan, Petratonik Jadi Lokasi Studi Banding

  • IBUKOTAKINI.COM - Dinilai berhasil dalam mengembangkan peternakan dan pertanian. Salah satu kelompok binaan Pertamina melalui PT Kilang Pertam
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Dinilai berhasil dalam mengembangkan peternakan dan pertanian. Salah satu kelompok binaan Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan menjadi lokasi kunjungan studi banding dari Yayasan Bina Taruna Bangsa Balikpapan dan Kecamatan Balikpapan Utara beserta LPM Karang Joang. 

Kelompok mitra binaan yang dikunjungi tersebut yaitu Program PETRATONIK (Peternakan ayam terintegrasi BSF dan Sayuran Organik) yang berlokasi di Sungai Wain, Kelurahan Karang Joang pada Kamis, (22/6/2023).

Petratonik adalah program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang telah didampingi PT KPI Unit Balikpapan sejak tahun 2018. Konsep program ini mengembangkan pertanian dan peternakan terintegrasi dengan memanfaatkan lalat BSF. 

Di mana Petratonik singkatan dari Peternakan Ayam Terintegrasi Black Soldier Fly (BSF) dan Sayuran Organik. Program ini mengintegrasikan antara budidaya BSF untuk diambil maggotnya menjadi pakan alternatif ayam dan lele. Maggot sendiri memiliki kandungan protein yang tinggi, sehingga cocok untuk pakan ternak. 

BACA JUGA: 

Kunjungan dalam rangka melihat pertanian terintegrasi yang telah dikembangkan kelompok. Rombongan juga diajak berkeliling area budidaya BSF, budidaya ikan dan ayam serta sayuran organik. 

Pemerintah Kecamatan Balikpapan Utara menyampaikan bahwa penerapan pertanian terintegrasi ini dapat menjadi percontohan untuk daerah lain disekitarnya.

“Program ini dapat menjadi percontohan untuk wilayah sekitar, termasuk wilayah di Balikpapan Utara ini. Program ini perlu dikembangkan dengan serius kedepannya untuk dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Kepala Seksi (Kasi) Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Balikpapan Utara Sanrang. 

Sanrang mengapresiasi berbagai inovasi dan kegiatan yang telah dilakukan oleh Pertamina dan kelompok mitra binaannya. “Saya mengapresiasi Pertamina yang telah peduli dengan masyarakat sekitar khususnya di wilayah Sungai Wain ini. Harapan untuk kedepannya semoga hasil ini dapat berdampak lebih banyak terhadap kesejahteraan masyarakat sekitar,” harap Sanrang.

Sementara itu, Area Manager Communication, Relation & CSR PT KPI Unit Balikpapan Ely Chandra Peranginangin menyampaikan bahwa menjadi kebanggaan bagi mitra binaan PT KPI Unit Balikpapan menjadi tempat yang dikunjungi.

"Petratonik dipilih sebagai tempat kunjungan tentunya karena eksistensi kelompok dan produknya yang semakin dikenal masyarakat. Kami berharap ke depan kelompok ini terus berkembang dan dapat meneruskan programnya dan semakin banyak yang belajar ke kelompok ini," kata Chandra.

Program ini kata Chandra, selaras dengan tujuan pembangunan berkelanjutan atau SDGs yaitu Tanpa Kemiskinan dan Pekerjaan Layak serta Pertumbuhan Ekonomi. 

Chandra juga menyampaikan apresiasinya kepada kelompok dan juga Yayasan Bina Taruna Bangsa Balikpapan serta Pemerintah Balikpapan Utara atas kegiatan tersebut. 

“Kami sangat senang tentunya, kelompok binaan kami menjadi lokasi untuk studi lapangan program yang akan dikembangkan oleh Pemerintah Balikpapan Utara. Kedepannya harapan kami, dapat terus memberikan program-program CSR yang dapat berkelanjutan di masyarakat dan akan diselaraskan dengan pembangunan daerah,” tutup Chandra. ###