Kemenkraf Dorong Pelaku Ekonomi Kreatif Naik Kelas
Ekbis

Kemenkraf Dorong Pelaku Ekonomi Kreatif Naik Kelas

  • Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berharap bahwa anak-anak tidak larut dengan eforia tampilan dari artis yang hadir dalam konser ini, yang paling penting belajar bagaimana membuat suatu event yang betul-betul berkualitas.
Ekbis
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenkraf) terus mendorong pelaksanaan event itu harus berkualitas, tidak hanya dari sisi penyelenggaraan tapi juga dari sisi dampak. 

Hal ini disampaikan Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Vinsensius Jemadu saat membuka Milenial and Gen Z Festival Fest 2024, di Halaman Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) DOME, pada Sabtu, 7 September 2024.

Kata Dia, agar event itu berdampak maka harus melibatkan UMKM, masyarakat dan melibatkan komunitas. 

"Itu yang kita namakan program itu tepat sasaran, tepat manfaat. Semua event yang kami selenggarakan betul-betul harus bisa terukur, ada dampak atau tidak," ucapnya.

Ia pun merancang dengan pihak Otorita Ibu Kota Negara (OIKN), akan merancang sebanyak-banyaknya event supaya masyarakat, komunitas bisa dilibatkan. Termasuk juga menggandeng Kota Balikpapan. 

"Mana talent-talent yang luar biasa di Kota Balikpapan supaya bisa ikut membantu membangun event yang dilaksanakan di IKN bekerja sama dengan stakeholder lainnya," ungkapnya.

BACA JUGA:

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berharap bahwa anak-anak tidak larut dengan eforia tampilan dari artis yang hadir dalam konser ini, yang paling penting belajar bagaimana membuat suatu event yang betul-betul berkualitas.

"Bagaimana mengorganisir suatu event yang betul-betul bisa berdampak. Jadi belajar karena nanti kedepan kemajuan, kesuksesan daripada ekonomi disisi event itu ada di milenial. Itu menjadi harapan kami satu-satunya, ada di pundak kaum milenial dan Gen Z," terangnya.

Sehingga talent event organizer maupun talent pelaku ekonomi kreatif bisa naik kelas. 

"Kita tahun ini akan ada beberapa event besar di Jakarta. Indonesia memang akan menjadi destinasi penyelengaraan even global,termasuk IKN sudah mulai dilirik penyanyi global tingkat dunia," katanya.

Pasalnya, yang disuarakan keluar neger bahwa IKN ini adalah ibukota yang menerapkan prinsip berkelanjutan dari sisi ekonomi, sosial, budaya terutama untuk lingkungan. 

"Suatu saat konser dunia ada di IKN. Dari sekarang kita siapkan sumber daya manusia dari anak muda Gen z supaya bisa bersaing dengan SDM dari luar dan bisa belajar banyak dari mereka," terangnya. ***