Kendalikan Kecepatan Kendaraan, Dishub Balikpapan Buat Marka ZoSS  (Foto Istimewa)
Kabar Ibu Kota

Kendalikan Kecepatan Kendaraan, Dishub Balikpapan Buat Marka ZoSS

  • BALIKPAPAN – Di tahun ini, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Balikpapan akan menambah marka Zona Selamat Sekolah (ZoSS), di kawasan Kecamat
Kabar Ibu Kota
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Di tahun ini, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Balikpapan akan menambah marka Zona Selamat Sekolah (ZoSS), di kawasan Kecamatan Balikpapan Barat, Kecamatan Balikpapan Utara dan Kecamatan Balikpapan Selatan.

"Ada empat ZoSS yang kita pasang tahun ini," jelas Kepala Dishub Kota Balikpapan, Edwar Skanda Putra, Jumat 3 November 2023. 

Zona Selamat Sekolah dibuat untuk mengendalikan kecepatan kendaraan saat berlalu lintas. Dengan penempatan marka dan rambu pada ruas jalan di lingkungan sekolah, bertujuan untuk mencegah terjadi kecelakaan dan menjamin keselamatan anak sekolah.

Tahun ini, empat marka ZoSS yang akan dibuat berada di kawasan Balikpapan Barat sebanyak dua marka ZoSs; Kecamatan Balikpapan Utara terdapat satu marka ZoSS dan Kecamatan Balikpapan Selatan ada satu marka ZoSS.

Tak hanya tahun ini saja Dinas Perhubungan membuat marka ZoSS melainkan tahun depan akan menambah marka ZoSS di beberapa kawasan Kota, karena masih banyak kawasan sekolah di Kota Balikpapan  belum memiliki marka ZoSS.

"Ada lima marka ZoSS tahun depan. Kita akan tambah di kawasan Kota. Banyak sekolah belum ada marka ZoSS," terangnya.

BACA JUGA:

Adanya marka ZoSS di jalan, maka para pengendara harus berhati-hati saat melintas khususnya di area sekolah. Kementerian Perhubungan membuat batasan kecepatan dengan memberikan marka ZoSS khususnya di area sekolah, karena anak-anak merupakan kelompok rentan, secara psikis maupun fisik belum mampu merespon dengan cepat dan tepat ketika dalam keadaan bahaya.

Dalam peraturan tersebut, Zona Selamat Sekolah (ZoSS) merupakan kegiatan manajemen dan rekayasa lalu lintas (lalin), berupa kegiatan pemberian prioritas keselamatan dan kenyamanan pejalan kaki pada kawasan sekolah. Manajemen lalin tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

ZoSS sendiri dilengkapi dengan fasilitas perlengkapan jalan berupa, rambu lalin, marka jalan, alat pemberi isyarat lalin, dan alat pengendali dan pengaman pengguna jalan. Sebagai tanda khusus, marka jalan pun diberi warna merah supaya dapat segera dikenali oleh pengguna jalan.

Harapannya dapat meningkatkan perhatian pengemudi terhadap kondisi jalan di area sekolah dan melakukan penurunan kecepatan sehingga memberikan rasa aman bagi para murid. Secara psikis maupun fisik, murid sekolah, terutama sekolah dasar, belum mampu merespons bahaya secara cepat dan tepat.