Penandatanganan kerja sama penyediaan air bersih Kawasan Ekonomi Maloy
Kabar Ibu Kota

Kerja Sama Penyediaan Air Bersih KEK Maloy Diteken

  • Kerja Sama Penyediaan Air Bersih KEK Maloy Diteken

Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

IBUKOTAKINI.COM – Kerja sama penyediaan air bersih industry/niaga Kawasan Ekonomi Khusus Maloy Batuta Trans Kalimantan (KEK MBTK) di Kabupaten Kutai Timur ditandatangani Gubernur Kaltim H Isran Noor dan Direktur Utama PT Prisma Pusaka Artha Raya (PPAR) Aulia Roza Putera.

Isran Noor mengatakan kerja sama ini bertujuan untuk mengantisipasi ketersediaan air di masa mendatang, sebab proyeksi kebutuhan air bersih untuk melayani para pengusaha yang berinvestasi di KEK MBTK di Kutim.

"Kita harapkan kerjasama ini, tentu menjadi nilai tambah bagi KEK, sehingga menambah sarana dan prasarananya,” kata Isran Noor, usai penandatanganan di Ruang Rapat Tepian 1 Kantor Gubernur Kaltim.

Isran Noor menambahkan salah satu prasarana dasar untuk membangun sebuah kawasan, apakah itu kawasan industri maupun kawasan pemukiman adalah ketersediaan air bersih, disamping sarana lainnya seperti pembangunan infrastruktur jalan dan energi listrik.

“PPAR merupakan perusahaan yang ingin berinvestasi dibidang pengadaan air bersih di KEK MBTK. Diharapkan kapasitasnya jangan kecil-kecil tetapi harus besar, sehingga mampu memenuhi semua kebutuhan air bersih di kawasan,” pinta Isran Noor, Kamis (17/12/2020).

Direktur Utama PPAR Aulia Roza Putera mengatakan kerjasama ini merupakan kerjasama pertama, untuk penyedian air bersih PPAR akan bekerjasama dengan pengelola KEK MBTK, kapasitas sudah terbangun sekitar 250 liter perdetik. Nantinya ada kebutuhan paling kurang 450 liter perdetik, jadi ada tambahan lagi sekitar 200 liter perdetik.

“Untuk pengguna air bersih, semua tenant yang ada MBTK. Jadi semua tenant akan menjadi pelanggan nantinya, dan selama ini PPAR beropersi di kawasan-kawasan industri termasuk MBTK peluang untuk dikembangkan kedepan,” ujarnya.

Hadir Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Kutim, Kepala Dinas PUPR Kaltim, Karo Infrastruktur dan SDA Setda Prov Kaltim Lisa Hasliana dan Karo Humas HM Safranuddin.
.