Ketua Dekranasda Balikpapan Sebut Nusakraf 2023 Promosikan Keistimewaan UMKM Daerah ALKI II
UMKM

Ketua Dekranasda Balikpapan Sebut Nusakraf 2023 Promosikan Keistimewaan UMKM Daerah ALKI II

  • IBUKOTAKINI.COM – Nusantara Ekonomi Kreatif (Nusakraf) 2023 menjadi salah satu ajang mempromosikan keistimewaan produk unggulan Usaha Mikro Ke
UMKM
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Nusantara Ekonomi Kreatif (Nusakraf) 2023 menjadi salah satu ajang mempromosikan keistimewaan produk unggulan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) daerah yang tergabung Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II. 

Nusakraf 2023 digelar selama 4 hari yang dimulai pada 25-29 Oktober 2023. Kegiatan ini diikuti 20 UMKM dari berbagai daerah di antaranya Papua Barat, Sulawesi Barat dan Kutai Timur. 

Ketua Dekranasda, Hj Nurlena Rahmad Mas’ud memberikan apresiasi atas dilaksanakan kegiatan ini guna mendukung acara ALKI II Investment Forum 2023.

“Alhamdulillah, Nusakraf 2023 telah dibuka secara resmi oleh wali kota. Ini luar biasa,” katanya disela mengunjungi stan UMKM pada pembukaan Nusakraf 2023 di Atrium E-walk Balikpapan Superblock, Rabu 25 Oktober 2023. 

Kegiatan ini juga dihadiri Ketua Balikpapan Fashion Week Natalia Somasto dan General Manager (GM) e-Walk dan Pentacity Balikpapan Yudi Saharuddin.

Nurlena menjelaskan, kegiatan ini jadi ajang promosi keistimewaan yang dimiliki masing-masing daerah yang dekat dengan ALKI II. Tercatat ada 11 kabupaten dan kota yang berada di jalur ALKI II.

BACA JUGA:

“Ada stan dari Sumatera Barat, Papua Barat dan lainnya. Ini tandanya Balikpapan sudah semakin dikenal di Indonesia,” tutur Nurlena Mas’ud.

Di mana peserta memperkenalkan produk unggulan yang ada di daerahnya masing-masing. 

“Sebenarnya, kata dia, sudah banyak produk UMKM Balikpapan sudah dikenal masyarakat dunia. Hanya saja, melalui Nusakraf 2023. Harapannya produk-produk Balikpapan dapat lebih dikenali masyarakat Nusantara dan dunia internasional lainnya,” ujarnya.

Setelah Nusakraf 2023, juga akan ada fashion show itu. Kota Balikpapan akan menampilkan sejumlah buah tangan pengrajin asal Balikpapan.

“Saya juga ikut andil di dalamnya, dengan mengikuti Fashion Show, besok,” tambahnya.

Pembukaan Nusakraf 2023 secara simbolis dilakukan dengan pemukulan gong oleh Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud didampingi Ketua Dekranasda Nurlena Mas’ud dan para pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan. (*)