Wali Kota Balikpapan saat webinar ISEI Balikpapan
Kabar Ibu Kota

Ketua ISEI Balikpapan: Ekonomi Terbilang Baik

  • Ketua ISEI Balikpapan: Ekonomi Terbilang Baik

Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

IBUKOTAKINI.COM – Ketua Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Balikpapan mengklain pertumbuhan ekonomi di kota minyak terbilang baik. Hal itu berdasarkan catatannya bahwa pelaksanaan pembangunan perluasan kilang Balikpapan masih berjalan. Sehingga ekonomi masih bergerak.

Hal itu diungkapkan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, SE saat membuka acara webinar dengan topik “Ketahanan dan Peluang Pemulihan Ekonomi Daerah” yang diselenggarakan oleh Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Cabang Balikpapan secara daring.
?
Acara tersebut mendatangkan pemateri yang bersumber dari akademisi Universitas Gadjah Mada yaitu Prof. Dr. Insukindro, M.A, dari pemerintah yaitu Kepala Bappeda Kaltim, serta dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kaltim Made Yoga Sudharma.?
?
Dalam kesempatan tersebut, Rizal yang juga Ketua ISEI Cabang Balikpapan megatakan bahwa situasi pandemi Covid-19 ini berdampak luar biasa pada sektor perekonomian. Walaupun berdasarkan catatan pertumbuhan ekonomi di Balikpapan masih terbilang baik. “Tetapi praktek di lapangan juga dihadapkan pada situasi ekonomi yang tidak gampang baik dari sektor swasta maupun sektor pemerintahan,” katanya pada Minggu (15/11/2020).
?
Ia menyebut untuk APBD 2021 Pemerintah Kota Balikpapan sudah kehilangan lebih dari Rp700 miliar dari Dana Bagi Hasil (DBH). Jika pajak Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) dihapuskan juga, Balikpapan akan kehilangan Rp 15-20 miliar lagi. “Saya masih bersyukur karena perluasan kilang masih berlangsung untuk menggerakkan roda ekonomi Balikpapan. Karena memang PDRB Balikpapan itu terbesar dari industri pengelolahan terutama dari migas,” ujar Rizal.?
?
Selain itu Rizal juga mengatakan terkait Undang-Undang Cipta Kerja alias Omnibus Law yang diharapkan tahun 2021 bisa menjadi jalan dalam pemulihan ekonomi, jika Covid-19 sudah bisa diatasi pemerintah Indonesia. ?
?
Turut hadir mendampingi Asisten II Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Muhammad Noor serta perwakilan dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang).