Ketua Kwarcab Balikpapan Lantik Puluhan Anggota Pramuka Garuda
Kabar Ibu Kota

Ketua Kwarcab Balikpapan Lantik Puluhan Anggota Pramuka Garuda

  • BALIKPAPAN – Usai memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan, Sekretaris Daerah Kota Balikpapan H. Muhaimin S.T., M.T., yang juga Ketua Kwartir Caban
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Usai memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan, Sekretaris Daerah Kota Balikpapan Muhaimin yang juga Ketua Kwartir Cabang Balikpapan melantik 30 anggota Pramuka Garuda. 

Pelantikan berlangsung dengan hikmat di Halaman Balaikota Balikpapan pada Jumat 10 November 2023. Pelantikan juga disaksikan pengurus Kwarcab dan Kepala sekolah yang juga pembina di masing-masing sekolah baik pramuka siaga, penggalang dan penegak.

Ketua Kwarcab Balikpapan, Muhaimin menjelaskan pelantikan pramuka garuda sebagai tanda bahwa pramuka telah mendarah daging/menyatu dikalangan generasi muda Kota Balikpapan.

”Untuk meningkatkan kemampuan pramuka mereka juga telah lulus ya melalui ujian yang dilakukan pembina untuk dapatkan predikat pramuka garuda,” ucapnya.

Dengan dilantiknya Pramuka Garuda ini, pihaknya mengharapkan dapat memotivasi mendorong anggota-anggota pramuka lainnya untuk giat mengikuti kepramukaan khususnya yang di sekolah-sekolah.

“Khususnya yang di sekolah-sekolah karena ini kan ekstra kurikuler wajib makanya kita hadirkan kepala sekolah-kepala sekolah disini,” tutur Muhaimin.

BACA JUGA:

Untuk bisa lulus dengan berbagai ujian dari para pembina pramuka untuk bisa mendapatkan predikat pramuka garuda

“Anggota Pramuka Garuda bisa memotivasi dan mendorong anggota-anggota pramuka yang lain untuk giat dan turut serta berpartisipasi dalam kegiatan pramuka, khususnya di sekolah,” terangnya.

Muhaimin juga memotivasi bagi para anggota pramuka yang belum dilantik pada saat ini, karena kegiatan pramuka ini menjadi ekstrakurikuler wajib yang dilaksanakan di sekolah-sekolah.

“Mudah-mudahan dengan dilantiknya hari ini dapat memotivasi, sehingga para kepala sekolah juga dihadirkan sebagai pembina pramuka yang ada digugusnya. Supaya nanti pada saat mereka dilantik bisa diinformasikan kepada pelajar yang lain baik SD, SMP dan SMK untuk bisa ikut dalam kegiatan pramuka,” tambahnya. 

Pelantikan ditandai dengan pembacaan sumpah janji pramuka, dan pemberian pin atau medali kepada anggota Pramuka yang dilantik. (*)