Ketua RT Ujung Tombak Menyebarluaskan Informasi Penyelanggaraan Pilkada
Politik

Ketua RT Ujung Tombak Menyebarluaskan Informasi Penyelanggaraan Pilkada

  • Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman lebih mendalam tentang pentingnya partisipasi pemilih.
Politik
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN – Dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan melalui Bagian Pemerintahan Setda Kota Balikpapan menggelar sosialisasi kepada perwakilan Ketua RT se-Kecamatan Balikpapan Utara. 

Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman lebih mendalam tentang pentingnya partisipasi pemilih. Sosialisasi ini dibuka oleh Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Balikpapan, Ahmad Muzakkir, pada Kamis (3/10/2024) di Hotel Platinum Balikpapan. 

Dalam sambutannya, Ahmad Muzakkir menegaskan bahwa sosialisasi ini merupakan bagian dari pelaksanaan peraturan pemerintah. 

“Pemerintah daerah, memiliki kewajiban untuk mendukung pelaksanaan Pilkada, termasuk dalam hal menyebarluaskan informasi tentang hak pilih kepada Masyarakat,” ungkapnya.

Ahmad menjelaskan peran penting ketua RT sebagai ujung tombak dalam menyebarluaskan informasi mengenai Pilkada kepada warga di lingkungannya. 

BACA JUGA:

"Tugas kita bersama adalah memastikan bahwa setiap warga memahami betapa pentingnya peran suara mereka dalam menentukan masa depan Kota Balikpapan," tegasnya.

Sosialisasi yang baik dan efektif, lanjutnya, dapat meningkatkan partisipasi masyarakat sekaligus mencegah adanya ketidaktahuan atau ketidakpahaman mengenai proses pemilihan. Ahmad menghimbau kepada seluruh warga Balikpapan untuk tidak Golput dan menggunakan hak pilih dengan penuh tanggung jawab. 

"Suara kita menentukan arah pembangunan Kota Balikpapan di masa depan," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kota Balikpapan, Ruddy Siswanto, menyatakan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat melalui Ketua RT agar dapat mendorong partisipasi aktif dalam Pilkada 2024. 

“Sosialisasi ini penting untuk memastikan proses demokrasi di Balikpapan berjalan baik dan berkualitas dengan dukungan partisipasi masyarakat yang optimal,” urainya.

Kegiatan sosialisasi ini turut menghadirkan narasumber dari Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan, Prakoso Yudho Lelono; Komisioner Bawaslu Balikpapan, Agus Sudirman; dan Anggota DPRD Balikpapan, Iwan Wahyudi. Mereka memberikan informasi dan strategi kepada para Ketua RT untuk mendukung kesuksesan Pilkada serentak 2024. ***