Khawatir Geopolitik di Timur Tengah, Arab Saudi Pangkas Harga Minyak
Ekonomi

Khawatir Geopolitik di Timur Tengah, Arab Saudi Pangkas Harga Minyak

  • JAKARTA - Harga minyak turun lebih dari 1% pada hari Senin, 8 Januari 2024, akibat pemangkasan harga yang tajam oleh Arab Saudi, eksporti
Ekonomi
Redaksi

Redaksi

Author

JAKARTA, IBUKOTAKINI.COM - Harga minyak turun lebih dari 1% pada hari Senin, 8 Januari 2024, akibat pemangkasan harga yang tajam oleh Arab Saudi, eksportir utama, dan kenaikan produksi OPEC. Hal ini mengimbangi kekhawatiran tentang meningkatnya ketegangan geopolitik di Timur Tengah.

Minyak mentah Brent mengalami penurunan sebesar 1,09%, atau 86 sen, menjadi US$77,90 per barel pada pukul 03.44 GMT, sementara minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS turun 1,15%, atau 85 sen, menjadi US$72,96 per barel.

“Saudi Aramco memangkas OSP Februari mendukung narasi permintaan yang lemah,” kata Vandana Hari, pendiri penyedia analisis pasar minyak Vanda Insights.

Meningkatnya pasokan dan persaingan dengan produsen saingan mendorong Arab Saudi pada hari Minggu untuk menurunkan harga jual resmi (OSP) untuk minyak mentah unggulannya, Arab Light, ke Asia menjadi level terendah dalam 27 bulan pada bulan Februari.

“Jika kita hanya memfokuskan pada faktor-faktor fundamental termasuk stok yang lebih tinggi, produksi OPEC/non-OPEC yang lebih tinggi, dan OSP Saudi yang lebih rendah dari yang diharapkan, tidak mungkin untuk menjadi optimis terhadap minyak mentah,” ujar analis IG, Tony Sycamore, dikutip dari Reuters, Senin, 8 Januari 2024.

BACA JUGA:

Namun, hal ini tidak mempertimbangkan kenyataan bahwa ketegangan geopolitik di Timur Tengah jelas meningkat lagi, yang berarti keterbatasan penurunan. Kedua kontrak naik lebih dari 2% pada minggu pertama tahun 2024 setelah investor kembali dari liburan untuk fokus pada risiko geopolitik di Timur Tengah menyusul serangan Houthi Yaman terhadap kapal-kapal di Laut Merah.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken, yang berada di Timur Tengah minggu ini, mengatakan konflik Gaza dapat menyebar ke seluruh wilayah kecuali ada upaya perdamaian bersama. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berjanji untuk melanjutkan perang sampai Hamas tersingkir.

Menanggapi tekanan naik pada harga akibat kekhawatiran geopolitik, output dari Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) naik sebanyak 70.000 barel per hari (bph) pada bulan Desember menjadi 27,88 juta bph, seperti yang ditunjukkan oleh survei Reuters.

“Ketegangan Laut Merah adalah satu-satunya penyeimbang, meskipun relatif lemah dan terputus-putus, terhadap harga minyak mentah yang menyerah pada penurunan karena ekspektasi melemahnya permintaan global dan meningkatnya persediaan,” kata Hari dari Vanda Insights.

“Secara terpisah, di Amerika Serikat, jumlah rig pengeboran minyak naik satu menjadi 501 minggu lalu,” kata Baker Hughes dalam laporan mingguannya. JPMorgan memperkirakan 26 rig minyak akan ditambahkan tahun ini, sebagian besar di Permian selama paruh pertama tahun ini.(***)