Kilang Pertamina Unit Balikpapan Ajak Staf Ahli KLHK Lakukan Roadshow Keliling Program TJSL pada Senin 21 Agustus 2023
UMKM

Kilang Pertamina Unit Balikpapan Ajak Staf Ahli KLHK Lakukan Roadshow Keliling Program TJSL

  • IBUKOTAKINI.COM – PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan bersama Kementerian Lingkungan Hidup (KLHK) melakukan kunjungan lapa
UMKM
Bunga Citra

Bunga Citra

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan bersama Kementerian Lingkungan Hidup (KLHK) melakukan kunjungan lapangan atau roadshow ke beberapa Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) Perusahaan di Balikpapan, Senin 21 Agustus 2023.

Kunjungan lapangan diawali dengan mengunjungi Green House Anggur di Kelurahan Muara Rapak, kemudian menuju program aspek kesehatan di Kelurahan Baru Ilir yaitu Program Warga Siaga Sehat (WASIAT), dan lokasi terakhir yang dikunjungi adalah Program Rain Water Harvesting & Urban Farming (RAWABENING).

Pada kesempatan ini, Ketua Kelompok Rawabening menyampaikan telah menerima banyak manfaat dari program TJSL PT KPI Unit Balikpapan. 

“Tadinya kami sama sekali tidak mengetahui bagaimana cara mengembangkan tanaman hidroponik, terlebih kami di kampung atas air yang tidak biasa untuk dilakukan kegiatan bercocok tanam. Namun melalui program ini kami diberikan pelatihan dan pendampingan sehingga bisa berlanjut seperti ini,” kata Rosdiana.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk melakukan monitoring secara langsung, implementasi program TJSL dari Kilang Pertamina Unit Balikpapan. Sebagai bentuk tanggung jawab sosial Pertamina terhadap lingkungan yang berada di wilayah Ring-1 Perusahaan.

BACA JUGA:

Kunjungan Lapangan ini sekaligus menjadi kesempatan mengevaluasi program TJSL dengan pendampingan langsung dari Staf Ahli KLHK Karliansyah. Selain rombongan dari staf ahli KLHK, turut ikut serta pada kegiatan ini konsultan lingkungan PT KPI Unit Balikpapan yaitu Synergy dan Prospect. Di sisi lain, juga menjadi salahsatu wadah bagi mitra binaan untuk dapat menceritakan perubahan yang terjadi dilingkungannya semenjak mendapatkan bantuan dari Pertamina.

Senada dengan Rosdiana, ketua Program WASIAT Kelurahan Baru Ilir Siti Aminah mengakui bahwa bantuan TJSL menjadi solusi bagi warga. 

“Bantuan dari Pertamina sangat sesuai untuk mengentaskan masalah dan juga mengembangkan potensi yang ada. Melalui pelatihan budidaya jahe merah saat ini kami sudah memiliki minuman sehat dari jahe merah. Tahun ini kami juga memiliki program pembuatan lorong hijau. Cara ini dipilih karena disesuaikan dengan kondisi wilayah kami yang sempit,” jelas Siti.

Rangkaian kegiatan ini ditutup melalui audiensi dengan kelompok mitra binaan di wilayah Kampung Atas Air. Pada kesempatan tersebut kelompok lain seperti WASIAT Ria Manuntung di Kelurahan Baru Tengah, Kampung Siaga Bencana (KSB) Kelurahan Baru Tengah dan Kelurahan Margasari, juga program Margasari Olah Jelantah (Mariojela) menyampaikan capaian yang telah diraih oleh masing-masing kelompok.

General Manager PT KPI Unit Balikapan Arafat Bayu Nugroho yang turut mendampingi kegiatan ini menyampaikan terima kasih kepada para mitra binaan yang telah berkontribusi secara aktif. 

“Program Pemberdayaan Masyarakat merupakan salah satu kewajiban perusahaan yang harus kami penuhi. Kehadiran Bapak ibu mitra binaan disini memberikan gambaran harmonisasi antara masyarakat dan perusahaan,” ucap Bayu.

Bayu juga berharap agar mitra binaan dan perusahaan dapat berkembang bersama. “Kami harap mitra binaan kedepan akan lebih maju dengan programnya masing-masing dan tentunya kami akan melakukan pendampingan sesuai ketentuan,” tutup Bayu. (***)