PT KPI Unit Balikpapan Kumpulkan Donasi untuk Korban Gempa Turki
Kabar Ibu Kota

Kilang Pertamina Unit Balikpapan Kumpulkan Donasi untuk Korban Gempa Turki

  • IBUKOTAKINI.COM - Kabar gempa dengan magnitudo 7,8 di Turki dan Suriah 6 Februari 2023 lalu menggerakkan hati pekerja PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) U
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

IBUKOTAKINI.COM - Kabar gempa dengan magnitudo 7,8 di Turki dan Suriah 6 Februari 2023 lalu menggerakkan hati pekerja PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan. Sebagai bentuk kepedulian, PT KPI Unit Balikpapan melakukan penggalangan dana dari pekerja, mitra kerja, dan keluarga pekerja untuk membantu warga masyarakat yang terkena musibah.

“Memang berita yang sangat mengejutkan, dan membuat kita sedih karena memang gempa yang sangat besar sekali. Dari berbagai berita kita lihat banyak bangunan runtuh, sangat tidak terbayang kalau kita yang berada disana,” kata Pjs General Manager PT KPI Unit Balikpapan Novie Handoyo Anto., Jum’at, (17/2/2023)

Kegiatan donasi yang dilakukan oleh PT KPI Unit Balikpapan kali ini berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp. 101,51 juta. Donasi yang terkumpul disalurkan melalui Human Initiative (HI), dengan penyerahan simbolis di Mushola Al Maghfirah Kantor Besar PT KPI Unit Balikpapan. 

“Kami mengucapkan terimakasih, kepada Human Initiative yang memiliki waktu dan kesempatan karena kami dari RU V, PWP dan BDI belum dapat kesana. Mohon disampaikan kepada saudara-saudara kita di Turki, sebagian kecil yang dapat kami lakukan ini, hanya sedekah yang bisa kami berikan. Walaupun tidak besar tapi mudah-mudahan tidak memutus doa kami untuk saudara-saudara kita di Turki," ujar Anto.

BACA JUGA:

Perwakilan Ketua Persatuan Wanita Patra (PWP) Eni Susilowati berharap donasi ini dapat membantu meringankan kesulitan korban bencana gempa di Turki dan Suriah, serta menjadi amal jariah yang tidak pernah putus bagi para donatur.

"Kami berkesempatan hadir di Mushola Al Maghfirah ini dalam rangka menyerahkan titipan donasi dari teman-teman PWP dan Fungsi-fungsi (PT KPI Unit Balikpapan). Mudah-mudahan dengan nilai yang mungkin tidak terlalu besar tapi ini bisa membantu meringankan sedikit kesulitan teman-teman kita di Turki dan Suriah. Mudah-mudahan apa yang dititipkan oleh teman-teman ini, menjadi amal jariah yang tidak akan pernah putus dan akan membawa kebaikan untuk semuanya,” kata Eni.

Adapun dana yang terkumpul bersumber dari donasi Tenaga Kerja PT KPI Unit Balikpapan, Persatuan Wanita Patra (PWP), Koperasi Wanita Patra (KWP), serta dari jamaah masjid/mushola dalam naungan Badan Dakwah Islam (BDI) Pertamina.

Perwakilan Human Initiative Yeni Kartika Dewi dalam sambutannya menyampaikan, pada cuaca musim dingin di Turki, dana bantuan akan difokuskan untuk evakuasi, memberikan kebutuhan dasar melalui pengolahan makanan, “saat ini prioritas kita adalah membantu evakuasi, memberikan kebutuhan dasar melalui pengolahan makanan. Sehingga disana tersajikan makanan dan minuman yang hangat,“ kata Yeni.

Yeni mengaku bersyukur mendapat bantuan untuk disalurkan dari PT KPI Unit Balikpapan, “Human Initiative bersyukur dapat bersilaturahmi dengan orang-orang yang peduli, yang tergerak menjawab panggilan kemanusiaan dari saudara kita yang terdampak gempa,” ucap Yeni.  Yeni juga menyampaikan cerita dari relawan Human Initiative yang saat ini berada di wilayah Epicentrum Turki, “mohon ijin menyampaikan dari rekan-rekan relawan saat menyalurkan bantuan ke tempat pengungsian, mereka disambut dengan ucapan Terimakasih Indonesia dimusim yang dingin ini kebaikan itu begitu hangat  kata para korban disana. Semoga bantuan dari Pertamina ini juga dapat segera kami salurkan,” tutur Yeni.

Sementara itu, ditempat terpisah Area Manager Communication, Relations & CSR PT KPI Unit Balikpapan Ely Chandra Peranginangin menyampaikan upaya manajemen PT KPI Unit Balikapapn dalam mengumpulkan donasi, "Melihat keprihatinan Saudara-Saudara kita yang terkena musibah gempa bumi di Turki. Kita mendorong pekerja, mitra kerja maupun keluarga untuk berdonasi guna membantu mereka yang memerlukan uluran bantuan. Manajemen juga turut mendukung dengan mengajak para pekerja untuk ikut berpartisipasi," kata Chandra.

Dia juga mengharapkan agar bantuan tersebut tidak dinilai dari jumlahnya. "Apa pun yang kita berikan bukan berdasarkan nilai dan jumlahnya, tapi bagaimana keikhlasannya. Kita membantu sesuai dengan kemampuan, dan yang menerimapun bantuannya bisa bermanfaat buat mereka," tutup Chandra. ###