Kolaborasi dengan SP Mathilda, Kilang Pertamina Unit Balikpapan Latih Security Gada Pratama Tersertifikasi
Kabar Ibu Kota

Kolaborasi dengan SP Mathilda, Kilang Pertamina Unit Balikpapan Latih Security Gada Pratama Tersertifikasi

  • BALIKPAPAN - PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan bersama Serikat Pekerja Mathilda Federasi Serikat Pekerja Pertamina
Kabar Ibu Kota
Bunga Citra

Bunga Citra

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan bersama Serikat Pekerja Mathilda Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (SP Mathilda-FSPPB) bekerja sama mengadakan Pembukaan Pelatihan dan Pendidikan Security Gada Pratama. 

Kegiatan ini merupakan program peningkatan kapasitas masyarakat kedua di tahun 2023 setelah pelatihan welder sebelumnya. Acara dilaksanakan di Kantor Ex Diklat Balikpapan, Kamis 14 Desember 2023.

Sekretaris Jenderal SP Mathilda-FSPPB, Sugirianto menyampaikan bahwa pelatihan dasar tentang security ini merupakan bentuk kepedulian pekerja Pertamina terhadap pencari kerja di Kota Balikpapan dan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). 

Pelatihan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan skill pencari kerja, sehingga mempunyai nilai lebih. Giri juga menyampaikan harapannya pada program ini. 

"Kedepannya semoga masih ada kursus lainnya seperti kursus mengemudi, security, dan yang lainnya. Jadi untuk para peserta gunakan kesempatan ini sebaik mungkin untuk melatih diri, tunjukkan bahwa kalian memiliki kompetensi," ujar Giri.

Acara Opening Ceremony dihadiri oleh 30 peserta pelatihan yang lolos serta perwakilan dari PT Kilang Pertamina Internasional Unit Balikpapan, Serikat Pekerja Mathilda (SP Mathilda), PT Bina Multi Cipta Indonesia (BMCI), serta Perwakilan Kelurahan Margasari, Lurah Karang Jati dan Lurah Baru Tengah.

BACA JUGA:

Acara dibuka dengan laporan kegiatan dari SP Mathilda-FSPPB kemudian sambutan dari Lurah Baru Tengah, Eddy Moelyono. Eddy dalam sambutannya berharap acara pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan para peserta pelatihan yang terpilih, serta dapat bertanggung jawab dengan tugasnya masing-masing.

"Mudah-mudahan teman-teman peserta bisa bertanggung jawab dengan tugas yang diberikan, serta patuh pada peraturan yang berlaku di Perusahaan tempat teman-teman bekerja nantinya. Supaya proyek perusahaan bisa berjalan dengan lancer," ucap Eddy.

Pelatihan ini merupakan salah satu program CSR yang dijalankan oleh PT KPI Unit Balikapapan yaitu Program RU V Bergerak Bersinergi & Mandiri (Rumah Berseri). Rangkaian pelatihan ini telah dimulai sejak tanggal 29 November 2023. Pada tahap pendaftaran, sebanyak 173 calon peserta mendaftar dalam program Pendidikan dan Pelatihan Security Gada Pratama. Setelah melalui tahap seleksi terpilih 30 peserta dari 13 Kelurahan Ring 1 perusahaan.

Area Manager Communication, Relations & CSR PT KPI Unit Balikpapan Ely Chandra Peranginangin menyampaikan komitmen perusahaan untuk menyejahterakan masyarakat. 

"Perusahaan terus berupaya untuk membantu masyarakat melalui program-program CSR. Setelah bulan September lalu kami adakan pelatihan Welder untuk 16 warga ring 1, di akhir tahun 2023 ini kami berkolaborasi dengan SP Mathilda melalui Program Pendidikan dan Pelatihan Security. Harapan kami melalui pelatihan ini masyarakat dapat meningkatkan kesejahteraannya. Jadi peserta pelatihan harus bisa menunjukkan kompetensi agar dapat menjadi modal untuk mencari pekerjaan," kata Chandra.

Salah satu peserta pelatihan yang terpilih, Ulfa Pramita Sari yang berasal dari Kelurahan Baru Tengah menyampaikan terima kasihnya kepada PT KPI RU V Balikpapan dan SP Mathilda yang telah mengadakan acara pelatihan security ini. "Saya berharap setelah mengikuti pelatihan ini saya bisa lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Pelatihan ini sangat membantu masyarakat yang memiliki keterbatasan ekonomi. Terima kasih untuk Pertamina," ucap Ulfa.

Acara Opening Ceremony Pelatihan dan Pendidikan Security Gada Pratama ditutup dengan penyematan tanda peserta secara simbolis dan foto Bersama.