Komisi D DPRD Kota Malang Studi Banding ke Pemkot Balikpapan
Daerah

Komisi D DPRD Kota Malang Studi Banding ke Pemkot Balikpapan

  • BALIKPAPAN - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Malang lakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan te
Daerah
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Malang lakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan terkait peran Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) dalam mengoptimalkan layanan publik untuk Kesejahteraan Masyarakat.

Kedatangan Komisi D DPRD Kota Malang yang dipimpin Ketua Komisi D DPRD Kota Malang Amithya Ratnanggani disambut Asisten II Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Sekretariat Daerah (Setda) Kota Balikpapan, Muhammad Andi Yusri beserta Staf Ahli Bidang Sosial, Kesejahteraan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Sekretariat Daerah Kota Balikpapan, Ir Heria Prisni serta Kepala OPD terkait.

Komisi D DPRD Kota Balikpapan yang terdiri dari Ketua, Wakil, Sekretaris dan anggota memilih Kota Balikpapan sebagai tempat studi banding, dikarenakan Balikpapan merupakan kota yang didatangi banyak orang. 

"Bagaimana kebijakan untuk kesejahteraan rakyatnya, dalam mengimbangi pergerakan yang cukup dinamis, secara finansial dan ekonomi serta tatanan masyarakat nya seperti apa. Itu yang ingin kita tau," jelasnya kepada media usai Kunker di Ruang Rapat I Balai Kota Balikpapan, pada hari Jumat, 15 Maret 2024.

BACA JUGA:

Kunker ini dalam rangka studi banding terkait program yang dijalankan untuk kesejahteraan rakyat, seperti program beasiswa untuk anak SMA dan mahasiswa.

Walaupun semua tergantung dari kekuatan anggaran. Dari pertemuan tadi terdapat dua program kebijakan yang menjadi sorotan Komisi D DPRD Kota Malang, yakni Natura untuk pesantren dan beasiswa Starta 2 dan Starta 3. "Kita belum terapkan ini," ucapnya.

Asisten II Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Sekretariat Daerah Kota Balikpapan, Muhammad Andi Yusri, mengucapkan selamat datang di Kota Balikpapan.

Dilanjutkan dengan membahas sesuai dengan tujuan studi banding. Tanya jawab pun berlangsung, saling bertukar informasi sehingga kedua daerah saling mendapatkan pengetahuan dalam mengoptimalkan kesejahteraan rakyat.

Terkait beasiswa, Pemkot Balikpapan telah  memberikan program beasiswa untuk Diploma 3, Diploma 4, Strata 1, Strata 2 dan Strata 3 secara stimulan, yang masuk dalam kewenangan Bidang Kesejahteraan Rakyat. Untuk beasiswa tingkat SD dan SMP merupakan kewenangan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bagian Kesra Setda Kota Balikpapan, Arif Fadhilah. Program ini diberikan untuk memotivasi kepada mahasiswa mahasiswi Kota Balikpapan, supaya mempunyai prestasi yang baik dan tinggi.

"Kita melakukan seleksi, siapa yang memiliki nilai yang tinggi itu yang mendapatkan beasiswa. Jadi meningkatkan motivasi mereka supaya bisa mempunyai prestasi akademik yang baik," katanya. (Adv/Diskominfo Balikpapan)